sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Zulkifli Hasan tak peduli dukungan Amien Rais di Kongres PAN

Dukungan Amien Rais kepada salah satu calon tidak akan mengubah prinsip PAN yang demokratis.

Fadli Mubarok
Fadli Mubarok Rabu, 15 Jan 2020 17:49 WIB
Zulkifli Hasan tak peduli dukungan Amien Rais di Kongres PAN
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini

Ketua Umum Partai Amanat Nasional, Zulkifli Hasan atau biasa disapa Zulhas tidak peduli jika Amien Rais selaku Dewan Pembina PAN tidak mendukungnya sebagai ketua umum dalam Kongres V PAN mendatang.

Sikap ini dikatakan Zulhas usai Amien Rais secara terang-terangan mendukung Mulfachri Harahap sebagai calon ketua umum PAN untuk periode 2020-2025. Mulfachri yang saat ini menjabat Wakil Ketua Umum PAN merupakan calon yang disebut Amien Rais bisa mewujudkan segala harapan partai bentukannya di kemudian hari.

“Iya memang betul, Pak Amien mendukung Pak Mulfachri. Itu sudah jelas ya. Pak Amien memang pendiri partai. Kalau bicara PAN ya Pak Amien. Tapi, kan kita kompetisinya sama Mulfachri, sama Asman,” kata Zulhas di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (15/1).

Menurut Zulhas, dukungan Amien kepada Mulfachri tidak akan mengubah prinsip PAN yang selama ini menganut sistem demokratis. Terkait persaingan para calon ketum PAN yang cukup panas, kata dia, biasanya akan cair kembali setelah kongres selesai.

Zulhas pun enggan berkomentar banyak terkait tagline ciptaan Amien Rais yakni Mewujudkan Harapan atau MH yang merujuk pada nama Mulfachri dan Hanafi Rais sebagai pasangan di Kongres PAN nanti. Seperti diketahui, jika Mulfachri terpilih sebagai Ketua Umum PAN, Hanafi Rais yang akan mengisi jabatan sebagai Sekretaris Jenderal PAN.

"Ya tidak apa, masing-masing punya tagline," ucapnya.

Zulhas pun mengaku tidak terlalu menggubris hal tersebut. Ia mengatakan hanya ingin fokus pada persiapan Kongres V PAN terlebih dahulu, yang akan dilaksanakan pada 12 Februari 2020. “Nanti kira-kira tanggal 12 Februari. Lagi dikonfirmasi tempat, hotel, dan segala macam. Tapi kira-kira tanggal 12, di Sulawesi Tenggara (Sultra),” ujar dia.

Sementara itu, Mulfachri mengklaim, dirinya tidak hanya didukung oleh Amien, tetapi juga dari senior-senior PAN yang lain. "Saya mendapat dukungan tidak hanya dari Pak Amien, tapi saya juga mendapat dukungan dari banyak kader senior," ujar Mulfachri.

Sponsored

Selain itu, lanjut Mulfachri, dirinya juga didukung banyak tokoh PAN yang sudah lama tidak terlibat dalam aktivitas partai lima tahun belakangan. Meski begitu, Mulfachri enggan menyebutkan siapa saja tokoh-tokoh yang ia maksud.

Lebih jauh, mengenai dukungan Amien selaku pendiri PAN, Mulfachri enggan berkomentar banyak. Ia mengaku tidak terlalu ingin terlena akan dukungan itu. Ia lebih memilih fokus dengan bekerja maksimal dalam memperoleh dukungan yang lebih banyak lagi dari kader-kader PAN.

Kendati ia belum mau membeberkan jumlah dukungan yang ia dapat, Mulfachri mengklaim telah mendapatkan sambutan positif dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN.

"Mereka antusias untuk menerima kami, mereka antusias untuk ikut dalam dialog yang kami bangun sebagai budaya baru nantinya. Dan mudah mudahan antusiasme itu nanti akan berbuah dalam bentuk dukungan yang konkret dalam kongres yang akan datang," kata Mulfachri.

Sebenarnya, bukan hanya Zulhas dan Mulfachri yang akan berkompetisi merebutkan kursi panas ketua umum PAN 2020-2025. Ada dua nama lagi yang sempat disebutkan Amien bakal maju yakni Asman Abnur dan Hairul Wibowo.

Waspadai lonjakan kredit bermasalah

Waspadai lonjakan kredit bermasalah

Rabu, 01 Apr 2020 17:59 WIB
Pecah kongsi di partai Tommy

Pecah kongsi di partai Tommy

Rabu, 01 Apr 2020 06:01 WIB
Berita Lainnya