sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

4 kunci menjaga kesehatan saat puasa di tengah pandemi

Berikut tips menjaga kesehatan saat puasa di tengah pandemi.

Indah Nawang Wulan
Indah Nawang Wulan Rabu, 07 Apr 2021 14:04 WIB
4 kunci menjaga kesehatan saat puasa di tengah pandemi

Ramadan tahun ini kembali dijalani bersama pandemi covid-19. Hal ini menjadikan kita untuk lebih menjaga kesehatan tubuh dan imunitas. Agar bisa menjalani puasa dan kegiatan lainnya saat Ramadan, berikut tips menjaga kesehatan saat puasa di tengah pandemi:

Konsumsi makanan bergizi saat sahur dan berbuka puasa

Selama menjalankan puasa kurang lebih 13-15 jam, kita harus menjaga tubuh agar tetap bugar dengan makanan yang bergizi. Ketika sahur, kita bisa menyantap makanan berserat tinggi seperti nasi,roti, sereal, oatmel, dan makanan berprotein lainnya.

Untuk berbuka puasa, kita dapat menyantap makanan salah satunya yang rendah lemak. Tetapi selalu kita ingat, makanlah makanan dengan gizi yang seimbang, terdiri dari karbohidrat, protein, dan serat untuk menjaga tubuh tetap sehat disaat pandemi dan bepuasa tahun ini.

BACA JUGA

    Perbanyak minum air putih

    Air putih dapat membantu menggantikan cairan yang hilang selama berpuasa. Kita bisa lakukan 2-4-2 yaitu saat berbuka atau setelah tarawih dan sebelum tidur, dan saat sahur. Saat sahur maupun berbuka, sebisa mungkin hindari minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi. Karena, kafein dapat memicu intensitas buang air kecil menjadi lebih sering, sehingga mudah membuat kita lebih cepat merasakan dehidrasi.

    Asupan Vitamin

    Selain makanan yang bergizi, kebutuhan nutrisi lainnya juga penting kita lengkapi. Konsumsi multivitamin bisa membantu menjaga imunitas tubuh apalagi di tengah pandemi covid-19 ini. Kita bisa mengonsumsi vitamin  C, vitamin B kompleks, vitamin E, kalsium, dan zat besi, habbatussauda dan sari kunyit (turmeric). Selain menjaga imunitas, Kandungan mineral dari multivitamin juga membantu memaksimalkan antioksidan, sehingga dapat melawan radikal bebas.

    Sponsored

    Tetap berolahraga

    Kita bisa melakukan kegiatan berolahraga 30-60 menit sebelum berbuka. Olahraga yang dipilih bisa dengan olahraga rungan seperti jogging, push up, dan lainnya. Dengan olah raga yang kita lakukan, tak lupa juga dengan jam tidur yang cukup setidaknya 7 jam per hari.

    Ramadan Ramadan
    Ramadan saat pandemi Ramadan saat pandemi
    Vitamin saat puasa Vitamin saat puasa
    Eka Setiyaningsih
    Eka Setiyaningsih
    Setelah mereka meniup peluit...

    Setelah mereka meniup peluit...

    Kamis, 22 Apr 2021 16:48 WIB
    Memutus belenggu generasi sandwich

    Memutus belenggu generasi sandwich

    Kamis, 22 Apr 2021 14:25 WIB
    Burma dan saga biksu-biksu revolusi

    Burma dan saga biksu-biksu revolusi

    Rabu, 21 Apr 2021 17:33 WIB