sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Aturan Kemenkes soal program vaksinasi gotong royong

Vaksin yang bisa digunakan untuk program vaksinasi gotong royong ialah Sinopharm, Moderna, dan Cansino.

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Rabu, 16 Jun 2021 21:02 WIB
Aturan Kemenkes soal program vaksinasi gotong royong

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menetapkan vaksin Covid-19 merek Sinovac, AstraZeneca, Pfizer, dan Novavax tidak bisa dipergunakan untuk vaksinasi gotong royong. Ketentuan itu, tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 18 Tahun 2021.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmizi, menjelaskan, vaksin yang bisa digunakan untuk program vaksinasi gotong royong ialah Sinopharm, Moderna, dan Cansino.

BACA JUGA

    Hal ini, perlu diatur mengingat 500 ribu dosis vaksin Sinopharm yang diperoleh merupakan hibah dari pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) sehingga tidak dapat diperjualbelikan.

    "Poin utama dari aturan ini untuk mengatur bahwa pemerintah diperbolehkan menerima vaksin yang sama dengan yang digunakan dalam vaksinasi gotong royong selama itu merupakan skema hibah atau bantuan secara gratis," kata Nadia dikutip dari laman kemenkes.go.id, Rabu (16/6).

    Sponsored

    Menurut Nadia, Indonesia memiliki kemungkinan untuk menerima hibah dari Covax Facility dengan merek vaksin yang juga bisa digunakan untuk vaksin gotong royong.

    Nadia menjelaskan, hal ini tidak berlaku bagi empat jenis vaksin lain yang telah dan akan dipergunakan dalam Program Vaksinasi Nasional, yaitu Sinovac, AstraZeneca, Pfizer, dan Novavax. Keempat jenis vaksin ini hanya boleh dipergunakan untuk Program Vaksinasi Pemerintah dan tidak dapat dipergunakan untuk vaksinasi gotong royong.

    "Selain itu, vaksin Covid-19 yang diperoleh dari hibah atau bantuan tersebut juga tidak boleh diperjualbelikan dan harus diberikan tanda khusus yang bisa dikenali secara kasat mata sebagai pembeda dengan vaksin gotong goyong," katanya.

    Covid-19 Covid-19
    Eka Setiyaningsih
    Eka Setiyaningsih