sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Bantu UMKM, Grab gelar online bazar #TerusUsaha

Acara ini guna membantu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bertahan di masa pandemi Covid-19.

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Jumat, 23 Okt 2020 16:39 WIB
Bantu UMKM, Grab gelar online bazar #TerusUsaha

Grab Indonesia akan menggelar online bazar  #TerusUsaha pada 26-28 Oktober 2020 mendatang. Acara ini guna membantu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bertahan di masa pandemi Covid-19.

Sebanyak 52.000 mitra UMKM GrabFood, GrabMart, GrabExpress dan GrabKios di 14 kota termasuk Jakarta akan bergabung pada online bazar ini untuk memasarkan produk mereka.

Country Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi mengatakan, program tersebut sebagai wujud komitmen perusahaan untuk membantu UMKM Tanah Air.

“Sejak pandemi datang, Grab terus berinovasi untuk membantu lebih banyak UMKM bisa beradaptasi agar ketahanan ekonomi juga dapat terjaga, melalui program #TerusUsaha,"   ujar Neneng dalam siaran pers yang diterima Alinea.id, Jumat (23/10).

BACA JUGA

    Lebih lanjut, Neneng menyebut bahwa Grab Indonesia telah menghadirkan puluhan solusi digitalisasi yang bekerja sama dengan 30 pemerintah pusat dan daerah yang mendapat respon positif dari berbagai pihak. 

    "Hari ini kami bangga bisa meluncurkan 3 solusi baru untuk terus membantu UMKM beradaptasi dan dapat memasarkan produk mereka dengan lebih efektif dan mudah. Saya mengajak seluruh masyarakat Indonesia saling dukung agar kita semua bisa #TerusUsaha dalam berbagai situasi,” ujarnya.

    Tiga solusi itu ialah Bazar #TerusUsaha, yaitu sebuah promosi khusus bagi mitra merchant UMKM GrabFood, GrabMart, GrabExpress dan GrabKios. Nantinya pelanggan dapat menikmati potongan harga pada mitra UMKM yang berpartisipasi.

    Solusi kedua yaitu pembuatan iklan mandiri, atau GrabAds yang membantu mitramerchant dapat dengan mudah mengelola iklan untuk ditampilkan di dalam aplikasi Grab. Terakhir, ialah Komunitas & Kelas Khusus UMKM, yang hadir untuk mendukung UMKM Indonesia melalui transfer ilmu dengan para pakar, juga wadah untuk bertukar pikiran.

    Sponsored

    Acara ini pun mendapat apresiasi dari Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, Teten Masduki. Hal ini tentu dapat mendukung percepatan transformasi digital para UMKM.

    "Kami sangat mengapresiasi upaya-upaya yang telah dan terus dilakukan oleh Grab Indonesia. Kami harap Grab bisa menjadi batu loncatan bagi pelaku UMKM agar lebih cepat dikenal orang dan bisnis mereka bisa naik kelas dalam era ekonomi digital," ujar Teten. 

    Menurutnya, peran berbagai pihak termasuk pihak swasta sangatlah dibutuhkan guna memberikan platform yang dapat dimanfaatkan oleh jutaan UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini guna memastikan keberlangsungan bisnis UMKM yang tentunya berimplikasi terhadap perputaran ekonomi Indonesia.
     

    UMKM UMKM
    Covid-19 Covid-19
    Eka Setiyaningsih
    Eka Setiyaningsih