sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Baznas bikin pelatihan urus jenazah di tengah pandemi

Pelatihan dilakukan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Lismei Yodeliva
Lismei Yodeliva Jumat, 23 Okt 2020 23:02 WIB
Baznas bikin pelatihan urus jenazah di tengah pandemi

Meskipun situasi pandemi saat ini masih mengalami peningkatan kasus positif di beberapa daerah di Indonesia, Badan Amil  Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Temanggung tetap mengadakan pelatihan urus jenazah pada Kamis (22/10/2020). Pelatihan dilakukan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Pelatihan ini dilaksanakan di tiga titik, yakni di Kecamatan Temanggung Untuk Kecamatan Temanggung dan Tlogomulyo, di Kecamatan Kedu Untuk Kedu dan Bulu, serta di Tembarak untuk Kecamatan Tembarak dan Selopampang.

BACA JUGA

    Ketua BAZNAS Djundardo menerangkan, pengurusan jenazah merupakan kewajiban muslim terhadap sesama muslim yang meninggal. Petugas pengurusan jenazah tersebut sangat dibutuhkan dan seharusnya ada pada setiap  lingkungan tempat tingal. Akan tetapi akhir-akhir ini sangat dirasakan kurangnya tenaga trampil untuk pengurusan jenazah.

    Berangkat dari kegelisahan ini, BAZNAS menyelenggarakan kerjasama dengan Dewan Masjid Indonesia, MUI dan Kantor Kemenag Kabupaten Temanggung untuk mewujudkan pelatihan tersebut. Para peserta diambil individu yang tergabung dalam Dewan Masjid tingkat Kecamatan.

    Sponsored

    "Pelatihan ini akan melahirkan tenaga terlatih dalam penanganan jenazah di setiap Kelurahan dan desa se Kabupaten Temanggung. Kegiatan ini di biayai BAZNAS dari asnaf sabilillh”, ujar Djundardo.

    Selain mendapat materi pelatihan urus jenazah, para peserta juga dibina dan diberi arahan oleh MUI terkait upaya menjaga ukhuwah Islamiyah dan pemberdayaan Masjid. Peserta juga mendapat pembinaan dari Kepala Kantor Kementerian Agama terkait kebijakan pemerintah dan kewenangan masjid dalam menangani zakat infak dan shadaqah. 
     

    Covid-19 Covid-19
    Lismei Yodeliva
    Lismei Yodeliva