sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Cegah penyebaran Covid-19 usai mudik Lebaran

Berbagai cara dilakukan petugas kepolisian demi mencegah penyebaran Covid-19 usai mudik Lebaran 2021 meski sudah ada larangan.

Lismei Yodeliva
Lismei Yodeliva Kamis, 27 Mei 2021 18:14 WIB
Cegah penyebaran Covid-19 usai mudik Lebaran

Daerah yang menjadi fokus utama dari titik rawan Covid-19 adalah DKI Jakarta. Bisa dikatakan bahwa Jakarta sering mengalami kenaikan kasus Covid-19 di hari-hari biasa. Apalagi dengan adanya mudik lebaran, warga yang sebelumnya nekat melakukan mudik bisa saja membawa virus Corona dari daerah asalnya dan dibawa menuju ke Jakarta. Ini bisa mengakibatkan semakin melonjaknya kasus orang yang terpapar Covid-19.

Untuk itu diperlukan perhatian khusus terhadap permasalahan ini. Salah satunya disampaikan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus, bahwa Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi DKI Jakarta memberikan perhatian khusus kepada warga yang pulang usai melaksanakan mudik Lebaran 2021.

Menurut dia, para pemudik harus memastikan diri tidak terpapar virus Covid-19. Karena itu, surat bebas Covid-19 menjadi syarat multak yang harus dimiliki pemudik yang hendak kembali ke tempatnya masing-masing.

Kombes Pol Yusri juga mengatakan bahwa ini adalah salah satu upaya yang bisa dilakukan dan mengharapkan warga Jakarta mematuhi protokol kesehatan, dalam ini mengikuti 5M, sementara petugas akan melaksanakan kegiatan 3T, testing, tracing, dan treatment.

BACA JUGA

    Sementara itu, bagi warga yang berhasil lolos sampai di Jakarta tanpa menunjukkan surat bebas Covid-19. Mereka harus siap-siap secara sukarela mendatangi Polsek agar dilakukan pemeriksaan swab antigen. Apalagi, karena seluruh Polsek disiapkan swab antigen secara gratis.

    Oleh karena itu, ada sejumlah langkah petugas demi mencegah penyebaran Covid-19 di Jakarta usai masa musik Lebaran 2021 meski sudah ada larangan, yaitu setiap orang wajib melakukan swab test antigen sebelum pulang ke Jakarta. Selain itu petugas akan memberikan stiker khusus di rumah warga yang sedang menjalani isolasi mandiri.

    Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan Lurah menyambangi warga yang melakukan isolasi mandiri akibat terpapar Covid-19 pasca mudik lebaran 2021. Lalu, masyarakat pun juga seharusnya berperan aktif mengawasi lingkungannya. Yusri mengharapkan masyarakat menginformasikan bila mana ada pemudik yang belum melalukan swab antigen.

    Yusri juga mengatakan bahwa ada yang warga lain yang mengetahui warganya pulang mudik dan belum melakukan swab silahkan dilaporkan kepada gugus tugas di tingkat komunitas atau mikro dan petugas akan menjemput ke sana untuk melakukan swab di situ.

    Sponsored

    Selain itu, Yusri menjelaskan, Pagdam Jaya dan Kapolda Metro Jaya juga sudah mengecek kesiapan Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran untuk menampung pemudik yang terkonfirmasi positif. Pengecekan akan langsung dilakukan di beberapa tower yang ada untuk warga-warga DKI Jakarta yang dinyatakan reaktif pada saat dilakukan pemeriksaan swab.

    Pemasangan stiker pun sudah semakin diinovasi dengan tidak hanya diletakkan di rumah saja, namun juga di sarankan agar pemudik DKI yang sudah swab antigen memasang stiker di kendaraan mereka masing-masing

    Polisi menyarankan kepada pemudik yang sudah mengantongi surat bebas Covid-19 untuk memberikan tanda khusus berupa stiker di kendaraannya.

    Hal tersebut, menurut Yusri, untuk memudahkan pemudik dalam melakukan perjalanan kembali ke Jakarta. Yang terakhir menggelar tes antigen gratis. Jajaran Ditreskrimsus Polda Metro Jaya menggelar tes usap antigen gratis bagi warga Jakarta yang baru kembali dari kampung halaman usai libur Lebaran 2021. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

    Tujuan melakukan testing swab antigen kepada masyarakat yang baru kembali ke kampungnya kembali lagi ke Jakarta ini adalah sebagai tindak lanjut imbauan pemerintah dan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran yakni melakukan tracing dan testing warga yang balik dari mudik. Maka dilakukan jemput bola dengan melakukan tes antigen kepada warga, yang merupakan bagian dari upaya meminimalisasi lonjakan kasus baru Covid-19 usai libur lebaran dan tidak semakin menyebarkan virus yang awalnya sudah dibawa oleh para pemudik.

    Covid-19 Covid-19
    Lismei Yodeliva
    Lismei Yodeliva
    Ramai-ramai melepas jerat fast fashion

    Ramai-ramai melepas jerat fast fashion

    Sabtu, 12 Jun 2021 08:10 WIB
    Pilu di balik pembatalan ibadah haji

    Pilu di balik pembatalan ibadah haji

    Jumat, 11 Jun 2021 07:19 WIB