sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Diplomasi maritim di balik layar KRI Bima Suci

Tak hanya bertugas mempertahankan keamanan, Tentara Nasional Indonesia (TNI) juga mendukung misi diplomasi.

Eros Kayana Bima
Eros Kayana Bima Senin, 30 Sep 2019 15:30 WIB
Diplomasi maritim di balik layar KRI Bima Suci

Tak hanya bertugas mempertahankan keamanan, Tentara Nasional Indonesia (TNI) juga mendukung misi diplomasi. Khusus TNI Angkatan Laut (AL), dalam rangka mendukung diplomasi maritim, Taruna dan Taruni AAL Tingkat III Angkatan ke-66 berlayar menggunakan KRI Bima Suci.

Prajurit yang tergabung dalam Satuan Latihan Kartika Jala Krida 2019, menggelar sejumlah kegiatan saat singgah di Malaysia. Kegiatan tersebut untuk memperkenalkan budaya nusantara di negara yang disinggahi.

BACA JUGA

    Diantaranya kirab dan display Genderang Suling Gita Jala Taruna. Bahkan, para prajurit juga memaperkan tarian tradisional seperti Rampak Gendang, tari Saman, tari Kecak dan tarian drama Rama Shinta saat pelaksanaan jamuan  cocktail party di geladak KRI Bima Suci.

    Sebelum melepas jangkar dari negeri jiran, pasukan diplomasi tersebut dilepas oleh Wakil Kepala Perwakilan KBRI sekaligus Atase Laut Kolonel Laut (E) R.Lilik Asmoro, serta para perwakilan dari Tentara Laut Diraja Malaysia (TLDM) di NHC, Staf KBRI di Malaysia. Tak hanya itu, para siswa-siswi sekolah Indonesia Kuala Lumpur, serta warga Indonesia yang berada di Malaysia juga melapas para prajurit matra laut tersebut.

    Sponsored

    Setelah beberapa hari singgah di Port Klang Malaysia, KRI Bima Suci melanjutkan kembali pelayarannya. Hingga pada Jumat 27 September lalu, para prajurit sampai ke Phuket, Thailand. Di negeri Gajah Putih, para prajurit juga mengemban misi untuk memperkenalkan budaya Indonesia.

     

    TNI TNI
    Eros Kayana Bima
    Eros Kayana Bima