sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Efek samping diet K-Pop menurut pakar

Salah satu jenis diet K-Pop yang viral dan banyak dilakukan adalah metode diet IU.

Alika Naila Putri
Alika Naila Putri Jumat, 11 Okt 2019 09:25 WIB
Efek samping diet K-Pop menurut pakar

Banyak kaum perempuan mengikuti pola makan artis-artis Korean Pop (K-Pop) karena mendambakan bentuk tubuh langsing seperti mereka. Salah satu jenis diet K-Pop yang viral dan banyak dilakukan adalah metode diet IU.

Diet IU dilakukan minimum tiga hari, dengan pola makan harian yang terdiri dari konsumsi satu apel untuk sarapan, dua ubi untuk makan siang, dan segelas susu protein untuk makan malam.

Dokter spesialis gizi klinik dari Mochtar Riady Comprehensive Cancer Centre (MRCCC) Siloam Hospital Jakarta dr Inge Permadhi SpGK mengatakan sah-sah saja kalau masyarakat mencoba diet itu. Tapi dengan syarat.

"Tidak masalah, asalkan pelakunya memiliki tubuh yang sehat dan tidak memiliki penyakit tertentu," kata dr Inge dikutip dari Antara, Jumat (11/10).

BACA JUGA

    Inge mengatakan, diet seperti ini memang cepat dalam menurunkan berat badan, karena jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh per hari tidak sampai 500 kilo kalori.

    "Sementara perempuan dewasa rata-rata mengonsumsi minimum 1.500 hingga 3.000 kilo kalori per hari," jelas Inge.

    Menurut Inge, diet IU masih memungkinkan bila dilakukan dalam kurun waktu tiga hari. Namun dapat membahayakan kesehatan bila dilakukan dalam jangka waktu lama atau terlalu sering.

    "Efek jangka pendek yang paling mudah dilihat adalah badan pelaku pasti lemas mau pingsan karena kurang asupan gizi, otak juga jadi lebih lamban dalam berpikir, dan pelaku bisa mengalami mood swing," ujar Inge.

    Sponsored

    Inge menjelaskan kondisi tersebut terjadi karena kurangnya zat nutrisi mikro dan makro yang diterima tubuh. Sedangkan tubuh manusia harus mendapatkan nutrisi yang cukup untuk bertahan hidup.

    "Diet yang benar itu adalah mengurangi asupan kalori, di samping meningkatkan aktifitas fisik (olahraga), sehingga massa lemak berkurang namun tidak mengurangi massa otot, justru harus menambah massa otot," ujar Inge.

    Lee Ji-eun atau yang dikenal dengan sebutan IU, adalah aktris asal Korea Selatan yang mempopulerkan pola makan ini. Dia menjalani pola makan ini setiap hendak pentas atau untuk keperluan syuting saja.

    Selain diet IU, yang dipopulerkan oleh artis K-Pop lainnya adalah diet Wendy Red Velvet. Wendy yang merupakan vokalis utama dari kelompok vokal Red Velvet, hanya mengonsumsi sebutir apel dan minum jus selada untuk sarapan, serta jus labu untuk makan siang (tanpa makan malam) sebagaimana dikutip dari AsiaOne.

    Wendy juga mencoba detoks sari lemon, hanya makan setengah cangkir nasi di pagi hari, dan berusaha untuk tidak makan malam.

    Kesehatan Kesehatan
    diet diet
    Julius Abner Azel
    Julius Abner Azel