sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Gaya hidup baru di masa pandemi Covid-19

Pandemi mengharuskan masyarakat untuk mengubah kebiasaan lama mereka yang kurang memperhatikan kesehatan dan kebersihan.

Lismei Yodeliva
Lismei Yodeliva Senin, 24 Mei 2021 19:43 WIB
Gaya hidup baru di masa pandemi Covid-19

Perubahan gaya hidup pun kini semakin menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memperhatikan hal-hal yang dulu tidak dilakukan atau jarang dilakukan. Contohnya saat beraktivitas, faktor kesehatan dan kebersihan kini selalu menjadi prioritas utama di setiap ragam kegiatan untuk menghindari paparan virus Covid-19.

Hampir seluruh mobilitas masyarakat saat ini menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker di ruang publik, mencuci tangan dengan hand sanitizer sebelum menggunakan fasilitas publik, dan terakhir adalah pembatasan jarak di dalam kendaraan umum maupun di berbagai tempat, baik dengan orang banyak maupun sedikit.

Perlahan tetapi pasti, masyarakat mulai mampu beradaptasi dengan berbagai perubahan yang berkembang secara drastis ini. Ini mungkin terkesan dipaksakan, tetapi ini jelas adalah langkah yang baik untuk membuat meningkatkan taraf hidup masyarakat menjadi lebih sehat.

Mulai dari membawa peralatan makan pribadi. Sebelum pandemi terjadi, umumnya masyarakat dapat dengan bebas mengonsumsi makanan tanpa protokol yang ketat. Bahkan bisa saling mencicipi makanan teman atau keluarga terdekat. Kini standar kebersihan semakin ditingkatkan, bahkan ketika seseorang ingin memilih restoran tempat makan.

BACA JUGA

    Bahkan ketika pandemi masih berlangsung saat ini, masih banyak masyarakat yang harus bekerja di luar. Untuk itu mengakses fasilitas publik seperti kendaraan umum jadi kegiatan harian yang harus ditempuh. Maka dari itu akan banyak ditemukan masyarakat yang mulai sadar untuk membawa produk sanitasi seperti hand sanitizer, disinfektan instan yang harus disiapkan sebagai pelengkap aktivitas. Di masa pandemi, juga banyak ditemukan kebiasaan yang dulu tidak banyak dilakukan oleh masyarakat, yaitu mencuci tangan secara rutin menggunakan air mengalir dan sabun.

    Tidak hanya mencuci tangan, tetapi mulai banyak orang yang membersihkan permukaan benda yang sering disentuh ataupun benda yang sering dibawa bepergian ke luar rumah, seperti handphone, dompet, hingga tas wajib. Selain itu juga membersihkan diri secara keseluruhan dengan mandi, juga jadi kebiasaan orang-orang di masa pandemi ini.

    Belum lagi, banyak orang yang juga sudah mulai melakukan berbagai kebiasaan sehat dengan memperbanyak mengkonsumsi makanan bernutrisi, serta makanan tinggi protein, serat, serta vitamin dan mineral.

    Olahraga secara rutin pun jadi sering dilakukan, dibandingkan dulu yang hanya untuk ajang pamer di sosial media. Kini banyak orang yang sadar pentingnya berolahraga untuk membuat tubuh sehat dan bugar.

    Sponsored

    Yang terakhir adalah hal positif dari adanya dampak pandemi ini, yaitu orang-orang yang menggunakan masker ketika pergi keluar rumah. Hal ini menjadi langkah pencegahan penularan virus yang sangat efektif. Masker dapat melindungi bagian wajah dari droplets seseorang yang mungkin mengandung virus. Menjaga agar tidak tertular maupun tidak menyebarkan virus tersebut pada orang lainnya.

    Tetap menjaga kebersihan secara keseluruhan bertujuan untuk mencegah risiko infeksi berbagai penyakit, sekaligus menjaga kesehatan tubuh. Perlu diketahui, pola hidup bersih dan sehat, merupakan kebiasaan baik yang memiliki banyak manfaat baik. Jadi semoga saja setelah pandemic berakhir, masyarakat bisa tetap menerapkan kebiasaan yang baik ini ke depannya.

    Covid-19 Covid-19
    Lismei Yodeliva
    Lismei Yodeliva
    Ramai-ramai melepas jerat fast fashion

    Ramai-ramai melepas jerat fast fashion

    Sabtu, 12 Jun 2021 08:10 WIB
    Pilu di balik pembatalan ibadah haji

    Pilu di balik pembatalan ibadah haji

    Jumat, 11 Jun 2021 07:19 WIB