sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Hawaya, aplikasi cari jodoh bagi muslim di Indonesia

Jodoh memang tak ke mana. Tapi kalau tidak ke mana-mana bagaimana bisa bertemu jodoh?

Lismei Yodeliva
Lismei Yodeliva Minggu, 08 Nov 2020 17:43 WIB
Hawaya, aplikasi cari jodoh bagi muslim di Indonesia

Jodoh memang tak ke mana. Tapi kalau tidak ke mana-mana bagaimana bisa bertemu jodoh? Artinya kita tidak bisa hanya berdiam diri menunggu jodoh datang menghampiri. Era teknologi telah mengubah cara kita mengekspresikan cinta, menjalin hubungan dan berinteraksi. Terlebih di saat pandemi seperti ini, perilaku masyarakat mulai bergeser menjadi lebih adaptif terhadap teknologi.

Menurut data We Are Social (2020), terdapat 175,4 juta pengguna internet di Indonesia pada Januari 2020, meningkat sekitar 25 juta dibandingkan data tahun sebelumnya. Artinya, penetrasi internet di Indonesia mencapai 64% pada Januari 2020 yang menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia terbiasa menggunakan platform online. Berdasarkan survei Hawaya (2020) yang melibatkan perempuan dan laki-laki Muslim Indonesia berusia antara 20-40 tahun sebagai responden, 93% responden perempuan terbuka untuk menggunakan aplikasi perjodohan untuk mencari pasangan hidup. 87% responden juga mengatakan bahwa mereka berharap menemukan seseorang dengan agama yang sama dan sejalan dengan harapan orang tua mereka. 

BACA JUGA

    Namun, mencari cinta di era digital seringkali membuat orang cemas ataupun khawatir. Membaca hal ini, Hawaya hadir untuk membantu para perempuan lajang di Indonesia menemukan pasangan hidup mereka dengan tetap menghormati tradisi dan budaya Muslim. Hawaya diluncurkan pada tahun 2017 oleh seorang pengusaha Mesir bernama Sameh Saleh, yang ingin membantu saudara perempuannya melewati pengalaman yang menyenangkan, nyaman dan aman menuju pernikahan melalui platform tersebut. Sejak saat itu, Hawaya semakin populer dan telah memfasilitasi ribuan pernikahan, tidak hanya di Mesir dan negara-negara Arab lainnya, tetapi juga di negara-negara Eropa, Amerika Utara, dan Asia Tenggara.

    “Ketika kami memasuki pasar Indonesia, kami ingin mengajak dan menghubungkan setiap Muslim yang berstatus lajang di Indonesia yang ingin saling mengenal satu sama lain secara lebih mendalam hingga menuju ke hubungan yang serius. Hawaya menggunakan pendekatan ilmiah, aman, dan diterima secara budaya, dirancang untuk laki-laki dan perempuan Muslim dengan niat yang serius serta telah disesuaikan secara budaya dengan tradisi komunitas. Kami sangat senang komunitas Muslim Indonesia menyambut hangat pendekatan modern dalam perjodohan ini dan kami berharap dapat merayakan lebih banyak kisah sukses di Indonesia," kata Sameh Saleh, dikutip dari press rilis yang kami terima pada Sabtu (7/11).

    Sponsored

    Saatnya #carijodohwithhawaya untuk temukan pasangan hidupmu sekarang. Unduh Hawaya di AppStore untuk perangkat Apple dan Google Play Store untuk perangkat Android. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.hawaya.com atau Instagram @hawaya_app.

    Covid-19 Covid-19
    Lismei Yodeliva
    Lismei Yodeliva