sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Hilangkan kutil dengan cara alami

Ada beberapa cara menghilangkan kutil dengan obat alami.

Alika Naila Putri
Alika Naila Putri Rabu, 09 Okt 2019 11:41 WIB
Hilangkan kutil dengan cara alami

Kutil termasuk tumor ringan. Meski kecil, kutil tetap bikin pengidapnya tidak nyaman dan jangan dianggap sepele. Ada beberapa cara menghilangkan kutil dengan obat alami.

Perasan lemon

Lemon mengandung vitamin C cukup tinggi yang bisa melawan virus penyebab kutil. Anda bisa secara rutin mengoleskan air perasan jeruk lemon pada kutil.

Kulit pisan

BACA JUGA

    Jangan buang kulit pisang begitu saja, karena bagian dalamnya bermanfaat untuk mengobati kutil. Kandungan enzim kulit pisang membantu menghilangkan jaringan kutil. Jangan lupa cuci tangan untuk mencegah virus menyebar.

    Air nanas

    Rendam bagian yang ditumbuhi kutil dengan air nanas. Air nanas mengandung asam dan enzim pelarut yang dapat membantu menghancurkan benjolan kutil pada kulit. 

    Cuka sari apel

    Sponsored

    Cara menghilangkan kutil di wajah dapat dilakukan dengan cuka sari apel, yang memiliki banyak manfaat untuk pengobatan termasuk menghilangkan kutil. Tingkat keasaman dari cuka mampu merusak jaringan kulit yang terkena kutil, menghilangkannya sehingga secara alami akan terkelupas dari kulit.

    Minyak astiri oregano

    Minyak ini menawarkan antiseptik, antiviral, antioksidan, antijamur, anti-inflamasi dan menghilangkan rasa sakit, yang menjadikannya salah satu perawatan kutil alami. Namun, minyak oregano dapat bersifat iritatif, artinya selain membakar kutil, juga dapat melukai jaringan kulit sehat di sekitarnya.

    Dikutip dari berbagai sumber.

    Kesehatan Kesehatan
    kutil kutil
    Julius Abner Azel
    Julius Abner Azel