sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

IKA UII gelar turnamen golf usung misi sosial berdayakan ekonomi pelaku usaha kecil

Turnamen golf akan dilaksanakan di Lapangan Golf Damai Indah BSD Tangerang.

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Kamis, 29 Apr 2021 22:45 WIB
IKA UII gelar turnamen golf usung misi sosial berdayakan ekonomi pelaku usaha kecil

Ikatan Keluarga Alumni UII (IKA UII) menggelar turnamen golf bertajuk Golfing and Giving dengan mengusung misi sosial berdayakan ekonomi pelaku usaha kecil. Turnamen golf akan dilaksanakan di Lapangan Golf Damai Indah BSD Tangerang Jakarta, pada tanggal Sabtu 29 Mei 2021 mendatang.

Turnamen golf yang terbuka untuk seluruh peserta pemain golf amatir ini bertujuan sebagai ajang silaturahmi para alumni UII, profesional dan pebisnis. Dengan diadakannya Turnamen golf ini akan menyemarakkan olahraga golf di Jakarta dan sekitarnya.

Turnamen golf yang diinisiasi oleh IKA UII memiliki misi untuk menggalakkan gerakan hidup sehat dan juga misi sosial yaitu pemberdayaan ekonomi bagi para pelaku usaha kecil yang terkena dampak di masa pandemi Covid-19. Budi Satria, Ketua Turnamen golf DPP IKA UII 2021 mengatakan kalau mengatasi pandemi bukan hanya tugas pemerintah, tapi memerlukan sinergi dari seluruh stakeholder untuk bersama-sama menebar manfaat sesuai dengan peran masing-masing.

"Untuk itu, kami turut serta mengemban tanggung jawab sosial kepada masyarakat yang terkena dampak di masa pandemi ini," ujarnya melalui siaran pers, Kamis (29/4).

BACA JUGA

    Melalui gelaran turnamen golf bertajuk Golf and Giving, sebagian dana yang terkumpul dari pihak sponsorship akan disisihkan sebagian untuk disalurkan kepada pelaku ekonomi kecil dalam bentuk pemberian modal kerja seperti pedagang kaki lima yang tak bisa berjualan akibat ketidakpunyaan modal, pemberian modal untuk petani melalui koperasi, memberikan bantuan untuk para ojek online, serta memberikan santunan bagi fakir miskin dan anak yatim piatu. Lebih jauh dari itu, dana yang tersisa dari gelaran turnamen golf ini juga diperuntukan bagi beberapa sekolah yang masih terkendala dalam proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan menyediakan laptop dan modem sebagai akses internet.

    Muhammad Syarifuddin, Ketua DPP IKA UII mengatakan, turnamen golf ini dengan tujuan mulia sebagai bentuk tanggung jawab alumni UII. Menurutnya, UII sebagai perguruan tinggi nasional tertua di Indonesia yang mengusung entitas nilai dan spirit keislaman tersebut menyadarkan bahwa dalam setiap aktivitas terdapat tanggung jawab sosial keumatan yang mesti diemban.

    Dia menyebut, filosofi bola golf yang memiliki permukaan penuh dengan lekukan dan jika dipukul akan bergerak lebih cepat dan lebih jauh, sama seperti tantangan kehidupan yang penuh dengan kegagalan, kejenuhan, keputusasaan, kesusahan dan lain sebagainya.

    “Ratusan lekukan itu bak tantangan hidup yang harus dilewati agar bisa lebih cepat sukses. Filosofi bola golf ini yang akan menjadi pengingat bahkan penguat manakala harus menghadapi setiap tantangan yang muncul, sama seperti di saat masa pandemi Covid-19 ini yang mana mengharuskan manusia untuk tidak cepat menyerah, tetap tegar menjalani berbagai tujuan hidup masing-masing,” tambah Budi Satria.

    Sponsored

    Ikatan Keluarga Alumni UII (IKA UII) optimistis gelaran Golf and Giving ini dapat memberikan banyak manfaat untuk masyarakat sekitar serta menjadi ajang silaturahmi bagi keluarga alumni IKA UII.

    “Turnamen golf yang rutin digelar oleh IKA UII, membawa rasa komitmen kita untuk terus menjalankan misi sosial melalui berbagai kegiatan. Kami sangat terbuka bagi para pemangku kepentingan atau sponsorship yang ingin berpartisipasi dalam misi sosial ini agar misi sosial turnamen bertajuk Golf and Giving ini dapat tepat guna. Untuk itu, kami berkomitmen setiap kegiatan yang digelar oleh IKA UII kami akan terus mengevaluasi agar terus dapat menyalurkan berbagai nilai manfaat untuk masyarakat umum,” ujar Budi. 

    olahraga olahraga
    golf golf
    Eka Setiyaningsih
    Eka Setiyaningsih