sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jelang PSBB Jakarta, PGI Jaya gelar aksi sosial

Gerakan #SolidLawanCovid berupa aksi sosial ke masyarakat untuk memberikan bantuan. 

Alika Naila Putri
Alika Naila Putri Kamis, 09 Apr 2020 11:47 WIB
Jelang PSBB Jakarta, PGI Jaya gelar aksi sosial

Wabah Novel Coronavirus (Covid-19) telah menjadi ancaman umat manusia di seluruh dunia. Tak kurang hampir 1,5 juta jiwa terinfeksi wabah yang bermula dari dari kota Wuhan, China, Desember tahun lalu. Jumlah korban meninggal di 194 negara mendekat 75 ribu orang. Bisa dikatakan Covid-19 adalah bencana terbesar di Abad XXI. 

Indonesia sendiri terus berperang melawan varian dari virus SARS dan MERS ini sejak beberapa bulan terakhir. Outbreak Coronavirus di seluruh Indonesia tercatat mendekati 2,800 kasus, dengan korban meninggal lebih dari 200 jiwa. 

Covid-19 tidak hanya mengancam kesehatan manusia, melainkan juga mematikan aktivitas sehari-hari, mulai dari ekonomi, pendidikan, sosial, keagamaan hingga olah raga. Pemerintah tentu tidak bisa bekerja sendiri mengingat keterbatasan APBN, APBD dan sumber daya manusia. Maka dibutuhkan kerjasama semua pihak, khususnya komunitas di berbagai bidang, untuk bersama-sama bergandengan tangan saling membantu antar sesama. 

Salah satu organisasi olah raga yang bergerak membantu warga adalah Persatuan Golf Indonesia Cabang DKI Jakarta (PGI Jaya). Organisasi yang dipimpin oleh M. Reza Rajasa ini hari ini mencanangkan gerakan #SolidLawanCovid. Gerakan ini berupa aksi sosial ke masyarakat untuk memberikan bantuan. 

BACA JUGA

    “Kita sebagai organisasi olah raga sangat prihatin dengan situasi ini. Tidak ada hal yang lebih relevan dilakukan dalam suasana pandemi seperti saat ini, selain saling membantu. Even menggelar acara olah raga pun saat ini tidak relevan. Hanya satu yang bisa dilakukan, bersama-sama bergerak saling membantu, dan mempercepat pendemi berakhir”, ujar Reza melalui sambungan telepon, Kamis (9/4).  

    Ia menambahkan, cabor Golf pun terkena dampak, di mana anggota PGI Jaya tidak lagi bisa bermain golf, dan persiapan PON Papua 2020 juga terganggu. Meski demikian, menurut Reza, kesehatan dan keselamatan jiwa masyarakat lebih utama. 

    “Kita akan menyesal bila memiliki sumber daya lebih, namun tidak melakukan apa-apa. Saya berharap dengan aksi-aksi sosial oleh banyak kalangan, akan mempercepat pulihnya kondisi kesehatan masyarakat, dan pada akhirnya ekonomi, juga olah raga akan kembali normal”, tambahnya.

    Disinggung mengenai tagline gerakan #SolidLawanCovid, Presiden Direktur Arthindo Group ini menjelaskan bahwa ia bangga dengan dukungan yang luar biasa dari para members PGI Jaya dalam menjalankan aksi sosial ini. “Kata yang pas untuk menghargai partisipasi teman-teman PGI adalah Solid, Kompak, Kuat. Saya bangga kita semua peduli,”, tegasnya. 

    Sponsored

    Terkait bantuan yang akan dibagikan ke masyarakat, meliputi Nasi Bungkus, Mineral Water dan Sembako.

    Penggalangan bantuan oleh panitia selama empat hari, sampai dengan 9/4/2020, terkumpul tak kurang 20,000 nasi bungkus sumbangan dari sejumlah klub golf di Jakarta, diantaranya Golf 2000, Fella Golf, JMC, BB BRO’S, QGolf, UFGC, IBAR GOlf Club, Chemical Golf Club, Industrial Golf Club, Tiger II golf club, Enjoy Golf club, dan Persatuan Golf asuransi Indonesia (PGAI). Sementara untuk air mineral kemasan disumbang oleh Oxindo.

    “Bila dirupiahkan terkumpul tak kurang Rp279,090,000 dari sumbangan tersebut. Alhamdulilah teman-teman antusias dalam menyumbang aksi sosial ini. Nilai tersebut tentu akan bertambah karena aksi ini terus berjalan sampai Ramadhan”, ujar Adhie Prakoso, Koordinator Aksi Sosial PGI Jaya saat ditemui di lokasi pembagian sumbangan, di bilangan Jakarta Timur.

    Rencananya aksi sosial #SolidLawanCovid akan berlangsung simultan, mulai 9 April hingga bulan Ramadan. Lokasi pendistribusian mencakup titik-titik pemukiman padat dan ojek online di Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Bintaro, Depok, Cibubur, dan Tangerang.

    Covid-19 Covid-19
    Julius Abner Azel
    Julius Abner Azel
    Harga rumah mewah kian murah

    Harga rumah mewah kian murah

    Senin, 28 Sep 2020 15:10 WIB
    Rapid test, demi kesehatan atau cuan?  

    Rapid test, demi kesehatan atau cuan?  

    Minggu, 27 Sep 2020 17:55 WIB