sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Mahasiswa bergerak ke arah gedung DPR/MPR

Ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi bergerak ke arah gedung DPR dengan berjalan kaki, membentuk kelompok besar.

Alika Naila Putri
Alika Naila Putri Selasa, 01 Okt 2019 15:59 WIB
Mahasiswa bergerak ke arah gedung DPR/MPR

Ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi bergerak ke arah gedung DPR di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, dengan berjalan kaki, membentuk sebuah kelompok besar. Sebelumnya, mereka orasi di depan gedung TVRI di Jalan Pemuda.

Kelompok mahasiswa ini dari berbagai perguruan tinggi seperti UNJ, Persis DKI Jakarta, BSI Jakarta, Mulawarman dan Sekolah Tinggi Sapta Taruna. Massa membawa bendera almamater kampus dan poster besar bertuliskan "Tuntaskan Reformasi".

Mahasiswa juga membawa kembang yang dibagikan kepada petugas keamanan dari unsur Polri dan TNI. Aparat keamanan berjaga di pembatas jalan yang menutup akses menuju gerbang depan gedung DPR/MPR RI.

Dalam orasinya, mahasiswa menyampaikan aksi mereka adalah aksi damai. Sementara itu, akses masuk gerbang depan gedung DPR sudah disekat dan ditutup baik dari arah TVRI hingga ke arah Tomang.

BACA JUGA

    Aksi damai

    Ratusan mahasiswa yang berkumpul di depan Gedung TVRI,  untuk aksi solidaritas menegaskan bahwa mereka melakukan aksi damai untuk mengawal anggota legislatif yang baru dilantik.

    "Kita aksi damai, aksi kita tidak ada kerusuhan. Kalau ada kerusuhan itu bukan mahasiswa, itu adalah oknum," kata seorang orator menggunakan pengeras suara.

    Para mahasiswa menuntut reformasi dituntaskan dan anggota DPR yang baru benar-benar bisa mewakili rakyat.

    Sponsored

    Hari ini, sebanyak 575 anggota DPR dilantik di Ruang Paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan. Upacara pelantikan dihadiri Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Presiden kelima Megawati Soekarnoputri, Wapres keenam Try Sutrisno serta Wapres kesembilan Hamzah Haz.

    Demonstrasi Demonstrasi
    Julius Abner Azel
    Julius Abner Azel