sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Mau bisnis kopi? Ada tips dari CEO Kopi Kenangan 

CEO Kopi Kenangan Edward Tirtanata berbagi tips memulai bisnis kedai kopi. 

Alika Naila Putri
Alika Naila Putri Selasa, 01 Okt 2019 15:06 WIB
Mau bisnis kopi? Ada tips dari CEO Kopi Kenangan 

Tren mengonsumsi es kopi susu membuat orang berlomba-lomba mendirikan kedai kopi. Namun, jika tidak memiliki keunikan, bisa jadi bisnis tersebut perlahan mati. CEO Kopi Kenangan Edward Tirtanata berbagi tips memulai bisnis kedai kopi. 

Menurut Edward hal pertama yang harus dipikirkan adalah ide original atau sesuatu yang khas untuk merek yang akan dibangun. Menurutnya, produk yang memiliki perbedaan dari produk lain akan bertahan lebih kuat.

BACA JUGA

    "Jangan membuat sesuatu yang mirip-mirip saja, kayak boba gitu kan tiba-tiba banyak banget. Kenapa bisa bangkit kembali? Karena pakai gula aren misalnya, tahu-tahu lebih laku dari brand boba yang lain. Diferensiasi sangat penting untuk membuat bisnis, kalau enggak different ya sangat sulit untuk sukses," kata Edward ditemui dalam perayaan Hari Kopi Sedunia di Jakarta, Selasa (1/10).

    Pemilihan nama merek dagang pun dianggap sangat penting untuk diperhatikan. Setidaknya nama tersebut harus yang mudah diingat dan memiliki keterikatan dengan calon pelanggan.

    Sponsored

    "Ya kalau misalnya saya kasih nama Kopi Edi misalnya pakai nama saya, kan enggak semua orang bisa related. Kalau Kopi Kenangan, siapa sih yang enggak punya kenangan sama mantan? Jadi semua orang bisa related. Misalnya Kopi Mantan (menu Kopi Kenangan), 'Kayak mantan gue nih (rasanya) manis di depan, pahit di belakang'. Ya kayak gitu lah contohnya," jelas Edward.

    Kopi Kenangan saat ini sudah memiliki lebih dari 130 Rumah Mantan (sebutan untuk gerai kopi) di 15 kota yang berbeda. Edward mengaku pihaknya berkomitmen untuk selalu menggunakan kopi dan gula aren dari petani lokal.

    tips tips
    kopi kopi
    Julius Abner Azel
    Julius Abner Azel