sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Memandang masa depan kopi lewat 'lensa' baru

Olam Coffee mengumumkan visinya terhadap masa depan sektor kopi.

Lismei Yodeliva
Lismei Yodeliva Senin, 26 Okt 2020 19:53 WIB
Memandang masa depan kopi lewat 'lensa' baru

Olam Coffee, salah satu pengekspor kopi hijau terkemuka dan bagian dari Olam Food Ingredients, mengumumkan visinya terhadap masa depan sektor kopi. Hal ini disampaikan lewat rilis yang kami terima pada Jumat (23/10/2020).

‘Coffee LENS’, singkatan dari ‘Livelihoods, Education and Nature at Scale’, menjadi target keberlanjutan formal pertama dari Olam Coffee hingga 2025 di seluruh rantai pasokan kopi langsung di tingkat global, yang terdiri atas 18 lokasi asal dan jaringan sumber sekitar  424.000 petani.

Selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) PBB, Coffee LENS berfokus pada empat area prioritas untuk meningkatkan kesempatan ekonomi, pendidikan dan keterampilan, aksi iklim, dan ekosistem di sektor kopi, dengan tujuan berikut:

• 200.000 rumah tangga mendapat manfaat dari peningkatan produktivitas dan pendapatan 
• Semua anak petani kopi dalam rantai pasokan Olam memiliki akses ke pendidikan dan pemuda-pemudinya mengikuti pelatihan vokasi 
• Intensitas emisi Gas Rumah Kaca dari jejak global Olam Coffee berkurang sebesar 15% 
• Semua rantai pasokan kopi Olam tidak berasal dari lahan bekas hutan dengan kesehatan dan keanekaragaman hayati yang lebih baik di tingkat lanskap

BACA JUGA

    Strategi ini akan diwujudkan melalui kerja sama dengan mitra, yaitu pelanggan, pemerintah, lembaga keuangan, lembaga multi-lateral, serta LSM, dan pemanfaatan pengalaman keberlanjutan selama satu dekade. Sementara ini, ada lebih dari 60.000 petani kopi di Afrika, Asia, dan Amerika Selatan yang telah menerima dukungan keberlanjutan dari Olam Coffee.
     
    Dalam keterangannya sebelum Hari Pengentasan Kemiskinan PBB, pada hari Sabtu, Vivek Verma, Managing Director dan CEO dari Olam Coffee mengatakan: “Meskipun rantai pasokan kopi memiliki begitu banyak sekat sehingga menyulitkan akses langsung ke petani, ambisi keberlanjutan kami tetap berkembang setiap tahun, dengan mendukung pentingnya keterlacakan, kualitas, petani yang sejahtera, dan lanskap lingkungan. Namun, dengan upaya bersama kami, masih banyak tantangan yang rumit di bidang kopi. Tantangan ini kini diperberat dengan batasan terhadap pasar yang ada karena COVID-19 serta biaya upah pekerja terlatih yang semakin tinggi.

    “Oleh karena itu, strategi Coffee LENS kami memfokuskan upaya terhadap peningkatan dampak tindakan yang telah kami lakukan dengan pendekatan yang lebih terstruktur. “Melalui kolaborasi dinamis dan alat seperti platform wawasan di AtSource dan aplikasi pembelian Olam Directi , kami bertujuan untuk mencapai target ini pada 2025, dengan dampak yang dapat terlihat dan terukur. Pada akhirnya, kami bisa mengembangkan target ini lebih jauh, yaitu menyusun kembali masa depan kopi.”

    Atas strategi baru ini, Carlos Brando, Ketua dewan Global Coffee Platform (GCP) menanggapi: “Sebagai anggota pendiri Global Coffee Platform, Olam adalah salah satu fasilitator terdepan dalam perjalanan menuju keberlanjutan di sektor kopi. Bekerja sama langsung dengan petani, visi dan ambisi Olam terhadap masa depan kopi yang lebih tangguh, dengan petani yang sejahtera, komunitas yang didorong untuk berkembang, dan lingkungan yang ditumbuhkan kembali. Semua ini melengkapi kerangka kerja dan inisiatif beberapa pemangku kepentingan di GCP, yang senantiasa mendapat dukungan dari Olam. Langkah ini sangat penting ketika keberlanjutan memang dan harus tetap menjadi tanggungjawab kita bersama.”

    HeskeVerburg, Managing Director, Solidaridad Europe, mitra keberlanjutanii dari Olam Coffee, menambahkan: "Solidaridad dan Olam memiliki visi bersama tentang petani sejahtera dan sistem pertanian yang tangguh, dengan menyediakan dasar yang mantap untuk kolaborasi yang menjanjikan demi memadukan solusi nilai bersama ke dalam rantai pasokan kopi, untuk menciptakan dampak positif di taraf yang lebih tinggi." Kemajuan dari CoffeeLENS akan dilaporkan setiap tahun, dicatat dan didukungi data dari 100 metrik ekonomi, sosial, dan lingkungan dari AtSource.

    Sponsored

    Olam Food Ingredients (OFI) CEO, A Shekhar merangkum:“Strategi LENS dari Olam’s Coffee mencontohkan semua hal yang didukung OFI: berupaya memastikan bahwa keberlanjutan adalah inti semangat kami, bukan hanya untuk Kopi, tetapi untuk seluruh portofolio bahan dan solusi ‘sedang tren’ kami yang beragam. Kami ingin membantu pelanggan membangun pengalaman keberlanjutan mereka dalam rangka memenuhi peningkatan permintaan konsumen atas produk makanan yang alami serta bermanfaat untuk bumi dan petani penghasil.”

    kopi kopi
    Lismei Yodeliva
    Lismei Yodeliva