sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Percepat penanganan, Pemerintah upayakan persingkat proses WGS

Kebijakan kesehatan yang tepat dan hasil WGS digunakan untuk mengendalikan distribusi varian Covid-19.

Lismei Yodeliva
Lismei Yodeliva Jumat, 18 Jun 2021 20:05 WIB
Percepat penanganan, Pemerintah upayakan persingkat proses WGS

Whole Genum Sequencing (WGS) terus dilakukan karena dapat menjadi dasar pengambilan kebijakan kesehatan yang tepat dan hasil WGS digunakan untuk mengendalikan distribusi varian Covid-19 yang menyebar ke berbagai daerah di Indonesia. Pemerintah juga berkomitmen mempercepat proses WGS di laboratorium, dari dua minggu menjadi satu minggu.

"Semakin cepat rentang waktu pemeriksaan ini, diharapkan data yang didapat semakin aktual dan dapat dilakukan penanganan yang cepat," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito saat menjawab pertanyaan media dalam agenda keterangan pers Perkembangan Penanganan Covid-19 di Graha BNPB.

Meski demikian, pemeriksaan strain virus bukanlah kewajiban mutlak pada kasus positif karena WGS memiliki metode khusus. Lagipula, tidak semua kasus positif layak dilacak genomiknya. Misalnya, kasus dengan gejala tidak biasa serta kasus pada pelaku perjalanan luar negeri dan lain-lain.

Untuk itu, apa pun varian yang ada di tengah-tengah masyarakat, yang perlu dilakukan ialah memperketat protokol kesehatan. Tidak ada ada jalan lain sebaik disiplin protokol kesehatan.

BACA JUGA

    "Karena itulah kita dapat memutus rantai penularan secara efektif dan efisien," lanjut Wiku.

    Dia mengingatkan, dengan mematuhi protokol kesehatan, maka masyarakat akan terlindungi dari paparan varian-varian Covid-19. "Dan bagi yang sakit dan terinfeksi, untuk menjalani pengobatan sesuai prosedur untuk mempercepat kesembuhan."

    Pemerintah pusat terus mendorong distribusi anggaran untuk pembentukan pos komando (posko) tingkat desa/kelurahan. Pemerintah pusat melakukan ini karena dari laporan satgas daerah terdapat hambatan distribusi anggaran untuk membentuk posko serta operasionalisasinya.

    "Pemerintah pusat terus mendorong kelancaran distribusi anggaran dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah hingga ke level wilayah administrasi di bawahnya," kata Wiku

    Sponsored

    Wiku menjelaskan, pemerintah pusat juga mendorong dan memonitoring pembentukan posko desa/kelurahan, secara menyeluruh demi pemantauan yang spesifik hingga ke tingkat RT. Oleh karena itu, penggunaan anggaran untuk posko bertujuan mendukung operasional posko desa/kelurahan dalam menjalankan empat fungsinya.

    Keempat fungsi dimaksud mencakup upaya preventif, promotif, kuratif, dan rehabilitatif dalam pengendalian Covid-19. Karena itu, dengan optimalnya peran posko maka akan memaksimalkan upaya pencegahan di tingkatan terkecil yakni tingkat RT.

    Covid-19 Covid-19
    Lismei Yodeliva
    Lismei Yodeliva