Tingkatkan kualitas SDM, Indonesia bangun 2.912 Balai Latihan Kerja Kelompok

Jumlah BLK Komunitas di Indonesia yang dibangun telah mencapai 2.912 selama 2017 hingga 2021.

Wapres Ma'ruf Amin dalam tayangan video ucapan selamat pada Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, Rabu (17/8/2022). YouTube/Wakil Presiden Republik Indonesia)

Wakil Presiden (Wapres), Ma’ruf Amin, meresmikan 785 pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas di Pesantren Induk Lirboyo Kediri, Jawa Timur. Dengan peresmian ini, maka jumlah BLK Komunitas di Indonesia yang dibangun telah mencapai 2.912 selama 2017 hingga 2021.

Saat meresmikan BLK Komunitas, Ma'ruf Amin menyampaikan, hadirnya BLK Komunitas diharapkan bisa berfungsi secara efektif Sehingga, kompetensi, produktivitas, kemandirian, dan daya saing pekerja Indonesia semakin tinggi, serta sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dan industri.

“Nantinya, bantu para siswa pelatihan di BLK ini untuk memahami dan memiliki keahlian apa saja yang dibutuhkan dunia kerja saat ini dan masa depan,” ujar Ma'ruf Amin dalam keterangannya, Minggu (23/10).

Di masa yang serba teknologi, Ma'ruf Amin pun mengimbau agar para peserta pelatihan BLK bisa terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi, memperbarui pengetahuan dan keahlian untuk merespon tantangan yang ada.

“Saya kira, selain penguasaan teknologi informasi, bahasa Inggris, kewirausahaan, ajarkan juga softskill, seperti kepemimpinan, adaptasi, komunikasi, dan pemecahan masalah, semuanya itu saya harapkan akan menjadi modal yang sangat berharga bagi sumber daya manusia (SDM) Indonesia untuk memenangkan masa depan,” katanya.