5 program Komite Penanganan Covid-19 dan PEN hadapi pandemi

Program Indonesia Berdaya adalah program peningkatan daya beli masyarakat.

Airlangga Hartarto saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI. Foto Antara

Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) merancang lima program utama dalam penanganan pandemi Covid-19, yaitu program Indonesia Aman, Indonesia Sehat, Indonesia Berdaya, Indonesia Tumbuh, dan Indonesia Bekerja. 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan, Indonesia Aman adalah program rakyat aman dari Covid-19. Program ini meliputi akselerasi Test PCR, Lacak, dan Karantina secara nasional. 

Targetnya, daerah yang masih masuk kategori zona merah turun menjadi zona kuning dan hijau, sekaligus mempersiapkan masyarakat aman menghadapi Pilkada di 2020, serta persiapan pendistribusian obat-obatan, vaksin, dan antibodi dalam satu tahun ke depan. 

“Indonesia Sehat berupa reformasi layanan kesehatan berbasis gotong royong. Program ini meliputi percepatan kemandirian pelayanan kesehatan, rumah sakit, alat kesehatan, dan obat di dalam negeri. Selain itu, transformasi sistem kesehatan termasuk BPJS Kesehatan yang berkualitas,” katanya dalam keterangan resmi, Senin (27/7).

Kemudian, program Indonesia Berdaya adalah program peningkatan daya beli masyarakat. Program ini memfokuskan pada penyaluran bantuan sosial, program padat karya, Kartu Prakerja, dan subsidi gaji.