Survei: 52% konsumen berencana pangkas anggaran belanja akhir tahun
Masyarakat kian selektif dalam berbelanja di penghujung tahun 2020.
Riset yang dilakukan oleh SurveySensum bertajuk “2020 Holiday Shopping Trends Report” menunjukkan terjadi perubahan perilaku belanja konsumen pada musim liburan akhir tahun ini.
Riset tersebut memaparkan, sebanyak 52% konsumen berencana mengurangi anggaran pengeluaran pada musim libur akhir tahun ini dan 14% anggaran telah mengalami penurunan.
“Kami menemukan bahwa mayoritas konsumen berada dalam situasi keuangan yang lebih buruk pada tahun ini. Sebanyak 77% konsumen di Indonesia mengalami penurunan pendapatan akibat pandemi, dan sekitar 67% konsumen mengalami penurunan pada tabungan mereka," kata CEO SurveySensum dan NeuroSensum, Rajiv Lamba dalam keterangan tertulis Rabu (23/12).
Hasil riset juga menunjukkan bahwa Covid-19 secara jelas telah mengubah momen liburan masyarakat. Tak heran bila kegiatan travelling, bersantai, pesta, dan hang out menjadi aktivitas teratas yang merasakan dampak terberat.
"Sebanyak 88% konsumen mengaku kegiatan berlibur mereka terdampak oleh Covid-19,” bebernya.