Survei: 52% konsumen berencana pangkas anggaran belanja akhir tahun

Masyarakat kian selektif dalam berbelanja di penghujung tahun 2020.

Ilustrasi eskalator mall/Pixabay.

Riset yang dilakukan oleh SurveySensum bertajuk “2020 Holiday Shopping Trends Report” menunjukkan terjadi perubahan perilaku belanja konsumen pada musim liburan akhir tahun ini.

Riset tersebut memaparkan, sebanyak 52% konsumen berencana mengurangi anggaran pengeluaran pada musim libur akhir tahun ini dan 14% anggaran telah mengalami penurunan.

“Kami menemukan bahwa mayoritas konsumen berada dalam situasi keuangan yang lebih buruk pada tahun ini. Sebanyak 77% konsumen di Indonesia mengalami penurunan pendapatan akibat pandemi, dan sekitar 67% konsumen mengalami penurunan pada tabungan mereka," kata CEO SurveySensum dan NeuroSensum, Rajiv Lamba dalam keterangan tertulis Rabu (23/12).

Hasil riset juga menunjukkan bahwa Covid-19 secara jelas telah mengubah momen liburan masyarakat. Tak heran bila kegiatan travelling, bersantai, pesta, dan hang out menjadi aktivitas teratas yang merasakan dampak terberat.

"Sebanyak 88% konsumen mengaku kegiatan berlibur mereka terdampak oleh Covid-19,” bebernya.