92 juta penduduk Indonesia tidak punya akses ke bank

Google menyatakan masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak memiliki akses perbankan (unbanked). 

Laporan yang disusun Google, Temasek dan Bain & Company menyatakan masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak memiliki akses perbankan (unbanked people).  / Antara Foto

Laporan yang disusun Google, Temasek dan Bain & Company menyatakan masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak memiliki akses perbankan (unbanked people). 

Partner and Leader of Asia Pacific Digital Practice Bain & Company, Florian Hoppe, mengatakan di Indonesia, hanya 42 juta penduduk dewasa yang memiliki akses layanan penuh ke bank.

"Unbanked benar-benar menaruh uang mereka di bawah bantal dan segmen ini sangat sulit diatasi. Intervensi dari pemerintah jelas dibutuhkan," ujar Florian di Jakarta, Senin (7/10).

Dalam risetnya, Florian mencatat, ada sebanyak 47 juta penduduk dewasa di Indonesia yang belum mendapatkan cukup layanan keuangan. Sementara, 92 juta penduduk dewasa sama sekali tak memiliki akses, teknologi, dan data ke layanan perbankan atau unbanked.

Hal serupa juga sebetulnya terjadi di Asia Tenggara. Berdasarkan laporan tersebut, dari hampir 400 juta penduduk dewasa di Asia Tenggara, hanya 104 juta penduduk dewasa yang sepenuhnya menikmati layanan perbankan.