Airlangga: 15 tahun ke depan Indonesia membutuhkan 9 juta talenta digital

Airlangga mengatakan bahwa era industri 4.0 membutuhkan generasi muda dengan karakteristik yang kreatif, adaptif, dan inovatif.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. foto Ekon.go.id

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan pemerintah terus berupaya mendukung UMKM agar dapat naik kelas dan on board ke platform digital, dengan memperluas akses pembiayaan dan permodalan melalui Program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Airlangga mengungkapkan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mampu tumbuh positif sebesar 3,51% (yoy) pada Triwulan III tahun 2021 tak lepas dari kontribusi para penggiat Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Sebagai tulang punggung pembangunan perekonomian Indonesia, UMKM berkontribusi besar terhadap PDB sebesar 61% dan mampu menyerap tenaga kerja sebesar 97%,” tutur Airlangga dalam keterangan tertulis seperti dikutip, Senin (15/11).

Lebih lanjut, Airlangga mengatakan bahwa era industri 4.0 membutuhkan generasi muda dengan karakteristik yang kreatif, adaptif, dan inovatif.

“Karakteristik anak muda yang kreatif, adaptif, dan inovatif harus terus dikembangkan agar dapat berdaya saing memasuki revolusi industri 4.0 dan ekonomi digital,” ucapnya.