Menko Airlangga proyeksi pertumbuhan ekonomi capai 0,6% di kuartal IV

Airlangga Hartarto optimistis ekonomi Indonesia bisa alami pemulihan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto/Foto Dokumentasi Kemenko Perekonomian.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto optimistis ekonomi Indonesia bisa mengalami pemulihan pada kuartal IV-2020. Hal ini sejalan dengan perbaikan pertumbuhan ekonomi pada kuartal III-2020 yang mencapai -3,49%, meningkat dibandingkan kuartal II-2020 sebesar -5,32%.

Airlangga menuturkan, titik terbawah atau rock bottom pertumbuhan ekonomi Indonesia telah dicapai pada kuartal II-2020. Sehingga, apabila pemulihan di kuartal III bisa dipertahankan, maka diharapkan pertumbuhan ekonomi pada kuartal IV bisa masuk ke jalur positif.

"Jadi kalau di kuartal IV-2020 kita bisa pertahankan pemulihan ini, kita harap di kuartal IV-2020 bisa masuk jalur positif. Walaupun secara konservatif kita bisa mengatakan -1,6% sampai 0,6%," kata Airlangga, dari Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Senin (9/11).

Dari pemulihan itu, lanjutnya, pertumbuhan di sektor pertanian selalu positif selama Covid-19, dan pertumbuhan di sektor perindustrian juga berangsur-angsur pulih.

Selama kuartal III-2020, sambung Airlangga, industri makanan dan minuman tumbuh relatif tinggi 4,23%, industri kimia dan farmasi tumbuh 5,69%, industri karet dan pengolahan karet tumbuh 7,5%, industri logam dasar juga tumbuh 10%. Kemudian industri barang logam dan optik tumbuh 8% dan industri alat angkut telah naik 17%.