Airlangga: RCEP akan jadi blok dagang terbesar

Indonesia mengandalkan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) untuk meningkatkan ekspor dan menghindari resesi ekonomi.

Indonesia mengandalkan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) untuk meningkatkan ekspor dan menghindari resesi ekonomi. / Antara Foto

Pemerintah menyatakan Indonesia tengah menjajaki pembentukan blok dagang baru Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) dengan 15 negara untuk mendongkrak pertumbuhan ekspor di tengah kondisi ekonomi global yang memburuk

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan blok tersebut nantinya akan terdiri atas 10 negara ASEAN dan 5 negara mitra dagang Indonesia di luar ASEAN yaitu China, Jepang, Korea Selatan, India, Selandia Baru, dan Australia. 

"Regional Comprehensive Economic Partnership ini adalah terbesar dibanding seluruh blok perdagangan," ujarnya.

Airlangga menuturkan, ke-15 negara telah menyepakati untuk meluaskan kerja sama perdagangan berbasis pajak dan tinggal menunggu kajian hukum atau legal scrubbing-nya. 

"15 negara sudah setuju dan untuk berbasis tax, tinggal kita legal scrubbing dan mereka (negara-negara peserta) punya waktu untuk berbicara secara internalnya," ucap Airlangga.