Aksi filantropi tetap melejit meski perekonomian sulit

Indonesia masih masuk dalam jajaran 10 besar negara paling dermawan di dunia.

Ilustrasi Alinea.id/Oky Diaz.

Kondisi Palestina yang digempur Israel telah mendunia lewat media sosial. Beragam postingan soal dampak serangan udara Israel di jalur Gaza mengundang simpati banyak pihak. Aksi galang dana untuk kemanusiaan di Palestina pun tak terbendung.

Tak terkecuali aksi para influencer yang mempunyai akun Youtube seperti Fadil Jaidi. Youtuber sekaligus selebgram itu pun langsung berinisiatif menggalang dana lewat platform KitaBisa.com. Lelaki 26 tahun itu berhasil menggumpulkan dana bantuan sebesar Rp1 miliar hanya dalam waktu sekitar 3 jam. Donasi yang masih berlangsung hingga 6 hari ke depan kini telah mencapai Rp8,2 miliar.

Melalui akun Instagramnya dengan 3,8 juta pengikut, Fadil telah menyalurkan Rp1 miliar melalui Palang Merah Indonesia (PMI) dan Rp3 miliar melalui Majelis Ulama Indonesia (MUI). Sebelumnya di tahap pertama, Fadil telah menyalurkan Rp500 juta melalui Act for Humanity. 

"Ini amanah buatku yang Insha Allah bisa kita pergunakan buat menolong saudara kita di Palestina," kata dia di akun instagramnya.