Aksi korporasi Antam: Akuisisi INCO hingga ekspansi ke Laos

Emiten BUMN PT Aneka Tambang (Persero) Tbk. (ANTM) merancang sejumlah aksi korporasi pada tahun ini.

Emiten BUMN PT Aneka Tambang (Persero) Tbk. (ANTM) merancang sejumlah aksi korporasi pada tahun ini. / Facebook Antam

Emiten BUMN PT Aneka Tambang (Persero) Tbk. (ANTM) merancang sejumlah aksi korporasi pada tahun ini. Perusahaan tambang emas Antam menyiapkan beberapa target ekspansi, salah satunya untuk mengakuisisi 20% saham PT Vale Indonesia Tbk. (INCO).

Direktur Utama Antam Arie Prabowo Ariotedjo mengatakan hal ini akan terealisasi jika perseroan mendapat amanah dari pemerintah maupun holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pertambangan yakni PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum.

"Divestasi Vale masih dalam penjajakan dan masih belum ada deal apapun. Antam siap saja dapat amanah holding atau pemerintah, Kementerian BUMN untuk mengakuisisi atau divestasi Vale," kata Arie, Rabu (24/4). 

Selain aksi ekspansi anorganik itu, Direktur Pengembangan Usaha Antam Sutrisno mengatakan perseroan tengah menjajaki wilayah Afrika yang berpotensi untuk tambang emas baru.

Selain Afrika, Antam juga akan diversifikasi bisnis di luar tambang emas bersama negara Laos. Sutrisno mengaku, pihaknya telah diajak oleh perusahaan BUMN Laos dan domestik untuk secara bersama-sama mengembangkan mineral fosfat.