Anggaran Kemenperin bertambah untuk Making Indonesia 4.0

DPR RI menyetujui usulan tambahan anggaran Kementerian Perindustrian sebesar Rp2,57 triliun untuk Making Indonesia 4.0.

DPR RI juga menerima pagu indikatif anggaran Kemenperin 2018 sebesar Rp2,73 triliun, sehingga total anggaran Kemenperin pada tahun depan menjadi Rp5,31 triliun. / Antara Foto

DPR RI menyetujui usulan tambahan anggaran Kementerian Perindustrian sebesar Rp2,57 triliun untuk menindaklanjuti agenda nasional yang tertuang di dalam peta jalan Making Indonesia 4.0

Selain itu, DPR RI juga menerima pagu indikatif anggaran Kemenperin 2018 sebesar Rp2,73 triliun, sehingga total anggaran Kemenperin pada tahun depan menjadi Rp5,31 triliun.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan program strategis yang akan dilakukan Kemenperin antara lain, pengembangan terhadap lima sektor industri manufaktur yang menjadi pionir dalam penerapan revolusi industri keempat di Tanah Air.

“Lima sektor tersebut adalah industri makanan dan minuman, tekstil dan pakaian, otomotif, elektronika, serta kimia. Selain itu, kami akan berupaya meningkatkan kualitas dan saya saing sumber daya manusia (SDM) industri melalui program pendidikan vokasi,” kata Airlangga dalam keterangan resmi yang diterima Alinea.id, Rabu (11/7).

Sementara, Airlangga mengatakan anggaran Rp2,73 triliun untuk Kemenperin akan dialokasikan guna pelaksanaan sembilan program strategis. Pertama, yakni pengembangan SDM industri dan dukungan manajemen Kemenperin.