Aplikasi streaming video jadi idola, selamatkan rumah produksi pascapandemi

Aplikasi video streaming atau layanan OTT menjadi harapan baru bagi rumah produksi untuk menayangkan serial Indonesia ke seluruh dunia.

Ilustrasi Alinea.id/Debbie Alyuwandira.

Serial WeTV Original 'My Lecturer My Husband season 2' (MLMH2) baru saja memasuki episode 3, pada Sabtu (4/6) kemarin. Meski begitu, serial yang rencananya akan memiliki 10 episode ini telah menjadi perbincangan warganet dan trending 1 setelah tayang. 

Serial yang dibintangi Reza Rahadian dan Prilly Latuconsina ini tercatat telah ditonton lebih dari 20 juta kali, dalam kurun waktu kurang dari satu minggu setelah penayangan perdananya. 'MLMH2' juga menjadi trending video nomor 7 dan 9 di YouTube sejak 29 Mei lalu. Layanan Over The Top (OTT) milik Tencent ini bahkan mencatat musim pertama 'MLMH' sebagai serial trending favorit sepanjang masa.

Hal ini mendasari Produser 'MLMH2' Manoj Punjabi kembali menggarap serial itu. “Pada saat ditayangkan, 'My Lecturer My Husband' selalu menjadi trending, bahkan setelah selesai masih ada di posisi atas di WeTV dan Iflix, sebagai serial Indonesia dengan jumlah penonton terbanyak,” kata dia, dalam peluncuran trailer dan poster 'My Lecturer My Husband season 2', di MD Place, Jakarta, Sabtu (21/5) lalu.

Sementara itu, 'MLMH' season 1 dan 2 bukanlah satu-satunya serial garapan MD Pictures yang berhasil trending di berbagai negara. Serial lain yang tak kalah populer dan menjadi trending di berbagai negara lainnya antara lain, 'Antares', 'Kisah untuk Geri', hingga 'Cinta Fitri'. 

Pun demikian dengan serial Layangan Putus yang juga masuk ke dalam jajaran series Indonesia terbaik yang tayang di tahun 2021. Episode 7B 'Layangan Putus' yang dibintangi oleh Reza Rahardian, Putri Marino dan Anya Geraldine ini berhasil menjadi trending nomor 1 di 15 negara seperti Indonesia, Amerika Serikat, Malaysia, dan lainnya.