Arab Saudi tertarik menggarap beberapa proyek di Indonesia

Ketertarikan itu diutarakan Pangeran Muhammad bin Salman (MBS) saat Luhut menemuinya di Riyadh.

Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan (ketiga kiri), saat melakukan pembicaraan dan menjajaki peluang kerja sama dengan Arab Saudi di Riyadh, awal Maret 2022. Dokumentasi Kemenko Marves

Menteri Koordinator Bidang Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, sesumbar, Arab Saudi tertarik bekerja sama dengan Indonesia dalam beberapa proyek. Pembangunan ibu kota negara (IKN), suplai minyak mentah, hingga mangrove dan terumbu karang, misalnya.

Ketertarikan itu disebut-sebut diutarakan Pangeran Muhammad bin Salman (MBS) saat Luhut menemuinya di Riyadh, Arab Saudi, awal Maret 2022. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun sudah disampaikan informasi tersebut bahkan memberikan instruksi sebagai tindak lanjutnya.

"Tadi, mereka masuk dalam sovereign wealth fund kita. Jadi, PIF (The Public Investment Fund) mereka akan masuk di berbagai macam proyek. Nah, tadi Presiden sudah memutuskan, tadi membentuk seperti task force (satuan tugas/satgas) untuk itu," ucap Luhut, melansir situs web Sekretariat Kabinet (Setkab).

Dirinya menambahkan, satgas itu akan langsung bekerja dan berkomunikasi dengan Arab Saudi. Lalu, berangkat kembali ke Riyadh untuk melakukan perundingan-perundingan teknis.

"Mungkin satu-dua minggu setelah itu, pihak Riyadh akan datang kemari untuk nanti membicarakan teknis setiap proyek dan melihat potensi proyeknya," jelasnya.