Asing beli bersih Rp58 miliar, IHSG ditutup di zona hijau

Saham Bank Mandiri, Astra International, dan BRI Agro menjadi tiga saham yang paling banyak diborong asing di pasar reguler.

Ilustrasi foto. Antara/Dhemas Reviyanto.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 0,16% ke level 5.949 pada perdagangan Selasa (29/6).

Tercatat, sebanyak 23,6 miliar saham diperdagangkan dengan nilai transaksi mencapai Rp11,6 triliun. Sebanyak 178 saham naik ke zona hijau dan 333 saham turun ke zona merah.

Investor asing melakukan aski beli bersih senilai Rp58 miliar di seluruh pasar dan senilai Rp126 miliar di pasar reguler. Saham PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI), PT Astra International Tbk. (ASII), dan PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk. (AGRO), menjadi tiga saham yang paling banyak diborong investor asing di pasar reguler.

Riset penutupan Pilarmas Investindo Sekuritas menyebut, dari dalam negeri, IHSG berfluktuasi menjelang rilis data cadangan devisa yang rencananya diagendakan pada esok hari. 

"Namun, pada lain sisi, pelaku pasar mencermati dampak kebijakan pengetatan aktivitas pada operasional mal yang dinilai dapat memberikan tekanan pada kinerja emiten makanan, minuman maupun retail," tulis Pilarmas Sekuritas.