Bali United rencanakan lepas 33,3% saham

Bali United akan menjadi klub sepak bola pertama yang melantai di pasar modal

Pesepak bola Bali United Fadil Sausu (ketiga kiri bawah) melakukan selebrasi bersama rekan setimnya usai membobol gawang Persela Lamongan saat pertandingan leg kedua Babak 16 besar Piala Indonesia di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Jumat (22/2)./AntaraFoto

Klub sepak bola Bali United berencana mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada kuartal II tahun ini. Dengan demikian, Bali United akan menjadi klub sepak bola pertama yang melantai di pasar modal.

CEO Bali Bintang Sejahtera Yabes Tanuri mengungkapkan, rencana initial public offering (IPO) ini dilakukan atas permintaan pendukung Bali United yang menginginkan klubnya lebih terbuka. Selain itu, perusahaan juga berharap perusahaan menjadi lebih baik dari segi keterbukaan informasi.

"Banyak yang menanyakan. Bukan hanya kapan IPO. Tapi fans juga menanyakan mengenai angka ini dan itu. Dipikir-pikir kalau mau terbuka, terbukalah sekalian. Biar sekalian mereka mempunyai rasa memiliki yang lebih lagi kepada Bali United," kata Yabes di Gedung BEI, Selasa (26/2).

Selain itu, Yabes mengharapkan, aksi korporasi ini bisa membawa citra klub sepak bola Indonesia semakin baik seiring dengan adanya kewajiban keterbukaan informasi.

Perusahaan berencana melepas 33,3% saham dengan target dana perolehan senilai Rp300 miliar. Adapun penggunaan dana IPO akan digunakan untuk modal kerja serta pembelian pemain baru. "Kalau prestasi baik, mungkin tidak perlu pembelian pemain yang signifikan," ujarnya.