Bank DKI kucurkan Rp700 miliar untuk Program Pangan Murah

Uang disalurkan kepada dua BUMD penyedia komoditas.

Warga membeli beras pada Program Pangan Murah di RPTRA Gebang Sari, Jakarta Timur, Rabu (15/1/2020). Foto Antara/Asprilla Dwi Adha

PT Bank DKI mengucurkan sekitar Rp700 miliar untuk Program Pangan Murah 2020. Dana didistribusikan kepada dua badan usaha milik daerah (BUMD) Ibu Kota. 

"Dua BUMD yang sudah bekerja sama dengan kita, adalah PT Food Station dan PD Dharma Jaya. Masing-masing Rp300 miliar hingga Rp400 miliar," kata Direktur Umum Bank DKI, Zainudin Mappa, via keterangannya di Jakarta, Minggu (23/2).

Kedua perusahaan pelat merah tersebut, sebagai penyedia kebutuhan pangan. Sinergi ini sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) Jakarta Nomor 93 Tahun 2018 tentang Penyediaan dan Pendistribusian Pangan dengan Harga Murah bagi Masyarakat Tertentu.

"Mereka (Food Station dan Dharma Jaya) membutuhkan tambahan permodalan. Untuk suplai kepada masyarakat. Sifatnya perputaran dana melalui pendanaan komersial," tuturnya.

Pelaksanaan Program Pangan Murah turut menggandeng instansi terkait lain. Macam Perumda Pasar Jaya dan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta.