Mengkaji ulang strategi humas setelah pandemi
Ketika Youtube disebut-sebut jauh mengalahkan popularitas televisi, faktanya televisi masih jadi ruang dominan pariwara.
Bukan mudik, tetapi pulang kampung ke objek wisata!
Situasi ini meneruskan betapa seringnya gonta-ganti istilah-hingga terutama akhirnya membingungkan masyarakat.
Perlukan revisi UU ITE bagi humas?
Seberapa penting revisi UU tersebut bagi unsur kehumasan?
Setelah satu juta kasus corona
Pendekatan ilmiah dari kalangan terpelajar adalah strategi utama memenangkan perang wacana di media massa.
Negeri digital yang tak berdaulat
Digital lifestyle ini pula yang membuat warga negeri ini tak lagi identik pemburu premium bagus, tetapi gratisan (freemium).
Menggelar pilkada, menggelar proteksi
Terdapat sejumlah titik tekan perhatian level operasional yang harus dilakukan terutama oleh semua elemen penyelenggaraan pemilu.
Salahkah dengan influencer?
Kehumasan tak sekedar sarana penyebaran informasi namun juga ruang untuk hubungan komunikasi hingga partisipasi diskusi.
Meneropong relasi media massa, humas, dan influencer
Media massa memang dibaca tak sebanyak dulu, tetapi pembaca tersisa itu adalah orang nomor satu di banyak institusi.
Duodemi di sekitar kita
Kita terus mengalami duodemi yang kian berimbas, yaitu pandemi virus sekaligus information pandemic (infodemic)
Melakukan taksasi tatanan kehidupan setelah WFH
Seluruh elemen harus memastikan bahwa TIK tetap dalam koridornya sebagai alat berbagi informasi dan akses informasi tanpa hambatan.
Tantangan penetrasi internet Indonesia pada 2020
Sayangnya, setidaknya lima tahun terakhir, pola prilaku dan preferensi pengguna layanan seluler dan data tetap didominasi akses konsumtif.
Sampai kapan sengkarut media massa-sosial ini berlangsung?
Pers Indonesia jangan dibuat pasrah, bingung, seraya hanya bergumam memimpikan ekosistem yang lebih baik.
Menjaga bangsa di unicorn dan decacorn Indonesia
Dari 10 perusahaan unicorn di Asia Tenggara , Indonesia menyumbang empat unicorn yaitu Gojek, Traveloka, Tokopedia dan Bukalapak.
Menjaga SDM Indonesia dengan menjaga produktivitas gawai
Seindah apapun pergaulan di dunia maya, mereka bisa jadi tidak nyata, karenanya segala kebanggaan bisa jadi semu.
Mereduksi gini ratio Indonesia dengan inovasi
Menurut Credit Suisse, Indonesia masuk tiga besar ketimpangan kekayaan alias urutan ketiga.
Menghadirkan jargon revolusi industri ke dalam pemilu
Peran internet tidak sebatas meningkatkan partisipasi dan hak suara (voting behaviour).