Bank DKI siap biayai MRT fase 3

Perusahaan pelat merah ini bakal turut melibatkan BPD lainnya.

Sejumlah penumpang berjalan keluar dari Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia (HI) di Jakarta, Senin (17/2/2020). Foto Antara/M. Risyal Hidayat

PT Bank DKI siap terlibat dalam pembangunan moda raya terpadu (MRT) fase tiga di Ibu Kota. Rute Ujung Menteng, Jakarta Pusat-Kalideres, Jakarta Barat, pada 2020.

"Kita juga akan ajak bank pembangunan daerah (BPD) lain. Untuk ikut serta melalui sindikasi," ucap Direktur Utama Bank DKI, Zainuddin Mappa, di Jakarta, Kamis (27/2).

Dana investasi, tambah dia, akan dihitung berdasarkan kebutuhan MRT dan kesiapan BPD. PT MRT Jakarta bertugas menaksir biaya yang dibutuhkan.

Rute Kalideres-Ujung Menteng merupakan bagian dari koridor Timur-Barat. Terbentang dari Balaraja hingga Cikarang sepanjang 31,7 kilometer. Pada tahap awal, MRT Jakarta akan fokus pada rute di dalam kota (inner city).

Jika Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta setuju, pembangunan koridor bakal dibagi menjadi dua tahapan. Tahap I Kalideres-Cempaka Baru (20,1 kilometer) dan tahap II Cempaka Baru-Ujung Menteng (11,6 kilometer).