Bank Dunia proyeksikan ekonomi global menyusut 5,2% pada 2020

Laporan tersebut juga menyebutkan, aktivitas ekonomi di negara maju diperkirakan, berkontraksi 7,0% pada 2020

Logo Bank Dunia. Foto Antara/Dok. Bank Dunia/am.

Ekonomi global diperkirakan mengalami penyusutan sebesar 5,2% pada tahun ini. Ini tidak terlepas dari pandemi Covid-19 dan resesi terdalam sejak Perang Dunia Kedua. Demikian dikatakan Bank Dunia dalam laporan Prospek Ekonomi Global terbaru yang dirilis pada Senin (8/6).

Laporan tersebut juga menyebutkan, aktivitas ekonomi di negara maju diperkirakan, berkontraksi 7,0% pada 2020, karena permintaan dan pasokan, perdagangan, dan keuangan dalam negeri sangat terganggu. Ekonomi AS diproyeksikan menyusut sebesar 6,1% tahun ini, sementara Kawasan Euro bisa kontraksi 9,1%.

Sementara itu, emerging market and developing economy (EMDE) diperkirakan berkontraksi sebesar 2,5% tahun ini, "kontraksi pertama mereka sebagai sebuah kelompok setidaknya dalam enam puluh tahun," kata laporan itu. Di mana aktivitas ekonomi di Amerika Latin dan Karibia, khususnya, bisa turun 7,2% pada 2020.

Pertumbuhan di Asia Timur dan Pasifik diproyeksikan turun menjadi 0,5% pada 2020. Ekonomi China diperkirakan akan tumbuh sebesar satu persen tahun ini.

Bank Dunia mengatakan pendapatan per kapita diperkirakan turun 3,6%, yang akan membawa jutaan orang ke dalam kemiskinan ekstrem tahun ini.