Bank Indonesia pertahankan suku bunga acuan 7DRRR pada 6%

BI mempertahankan suku bunga 7DRRR sebesar 6,00%, suku bunga deposit facility sebesar 5,25%, dan suku bunga lending facility sebesar 6,75%.

Rupiah dan Dolar Amerika Serikat. (Antara Foto)

Bank Indonesia memutuskan untuk mempertahankan BI 7-day Reverse Repo Rate (BI 7DRR) sebesar 6,00%, suku bunga deposit facility sebesar 5,25%, dan suku bunga lending facility sebesar 6,75%.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan tingkat suku bunga ini masih konsisten dengan upaya menurunkan defisit transaksi berjalan ke dalam batas aman. 

“Bank Indonesia terus memperkuat koordinasi dengan pemerintah dan otoritas terkait untuk menjaga stabilitas ekonomi dan memperkuat ketahanan eksternal. Termasuk untuk menjaga defisit transaksi berjalan sebesar 2,5% PDB pada 2019,” kata Perry dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (17/1).  

Selain itu, upaya ini dilakukan untuk mempertahankan daya tarik aset keuangan domestik. Termasuk untuk menjaga kecukupan likuiditas di pasar rupiah maupun pasar valas sehingga dapat mendukung stabilitas moneter dan sistem keuangan.

Menurut Perry, Bank Indonesia juga terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah dan otoritas terkait untuk menjaga stabilitas ekonomi dan memperkuat ketahanan eksternal, termasuk untuk menjaga defisit transaksi berjalan.