Bank Mandiri akan perkuat akses permodalan petani binaan Pupuk Indonesia  

Dukungan permodalan ini juga dapat diakses oleh distributor, kios pertanian, hingga pembeli hasil panen.

Petugas Bank Mandiri sedang melayani nasabahnya. Foto Antara/HO-Bank Mandiri/am

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) bersinergi dengan PT Pupuk Indonesia (Persero) memberdayakan petani binaan melalui penguatan akses permodalan bagi petani, dengan Program Agro Solution.

Nota Kesepahaman (MoU) ditandatangani oleh Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Susana Indah Kris Indriati dan Direktur Pemasaran Pupuk Indonesia Gusrizal di Jakarta, Jumat (12/3). 
 

Menurut Indah, pihaknya akan segera menindaklanjuti MoU ini dengan melakukan perjanjian pembiayaan dengan kelompok-kelompok petani yang direkomendasikan Pupuk Indonesia. Termasuk, dengan badan usaha ataupun koperasi yang menjadi off taker hasil panen petani binaan.

“Kami sangat antusias dengan sinergi antar BUMN ini karena sangat strategis untuk mendukung pencapaian program ketahanan pangan pemerintah. Apalagi, kami melihat di masa pandemi ini, sektor pertanian merupakan salah satu sektor ekonomi yang potensial untuk menopang perekonomian Indonesia,” kata Indah dalam keterangan resminya, Jumat (12/3).

Sejalan dengan hal itu, lanjutnya, pada periode pandemi tahun lalu, pihaknya tetap mencatat kenaikan pembiayaan ke sektor pertanian.