Bantu UMKM perempuan, Grab donasikan dana Rp1 miliar

Donasi akan diberikan melalui promo di layanan aplikasi Grab.

Ilustrasi. Reuters

Memasuki tahun ketiga pandemi Covid-19, perusahaan layanan transportasi berbasis aplikasi Grab akan mendonasikan dana Rp1 miliar untuk membangkitkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang digawangi oleh kaum perempuan. Grab akan menggandeng para kreator jenama lokal, seperti Danjyo Hiyoji, Muklay, dan Gelang Harapan untuk membantu pelaku UMKM perempuan Indonesia dan mengajak masyarakat Indonesia untuk ikut berpartisipasi.

Lewat kolaborasi bertajuk PercayaProjeX, Grab akan mendonasikan hasil penjualan karya kreatif dan penggunaan kode promo khusus sebesar Rp1 miliar untuk mendukung perempuan pelaku UMKM. 

Country Marketing Head of Grab Indonesia, Melinda Savitri menyebutkan, produk-produk hasil kolaborasi PercayaProjeX akan dapat dibeli oleh masyarakat Indonesia mulai April hingga Juli 2022 di GrabMart dan laman resmi kolaborator Danjyo Hiyoji dan Gelang Harapan. Dana dari hasil penjualan ini kemudian akan disalurkan Grab ke BenihBaik untuk diteruskan kepada pelaku UMKM perempuan.

“Mereka akan memperoleh peralatan usaha seperti mesin jahit atau perlengkapan memasak, modal usaha dan beragam pelatihan guna mendukung keberlangsungan usaha mereka,” ucap Melinda seperti dikutip dari keterangan resmi Kamis (17/3).

Menurutnya, selain produk fesyen, Grab juga berkolaborasi dengan seniman visual dan Muklay yang akan menuangkan karyanya di armada GrabCar. Pemesanan dapat dilakukan oleh pengguna Grab di wilayah Jabodetabek