Ingin merdeka finansial, tetapi banyak investor pemula malah lakukan kesalahan

Banyak orang yang ingin mencapai financial freedom (kebebasan finansial), sehingga banyak terjadi kesalahan investor pemula.

Ilustrasi. Pixabay

Banyak masyarakat terutama generasi milenial saat ini menginginkan dirinya mampu untuk mencapai kebebasan finansial. Namun, tak sedikit pula masyarakat yang melakukan kesalahan untuk mencapai ini.

Principal Consultant dan CEO Zap Finance Prita Ghozie mengatakan, banyak orang yang ingin mencapai financial freedom (kebebasan finansial), sehingga banyak terjadi kesalahan investor pemula.

"Apa itu? Dia maunya cepat, enggak pakai belajar, dia maunya loncat, enggak punya rencana keuangan dengan utang yang banyak banget," kata Prita dalam Ipot Festifund 2021, Sabtu (28/8).

Prita menyarankan agar investor pemula tidak mengikuti investor instan. Dia melanjutkan, sah-sah saja menggunakan momentum untuk berinvestasi, tetapi, harus menyadari apa yang akan kita alami ke depan.

Menurutnya, seorang investor harus melewati beberapa langkah untuk sampai ke tahap bebas finansial. Langkah tersebut adalah dengan memiliki rencana keuangan, menghapus utang, memiliki dana darurat.