BCA akuisisi bank kecil Royal Indonesia Rp1,007 T tahun ini

Bank Royal akan menjadi anak usaha BCA yang difokuskan untuk layanan perbankan di segmen tertentu.

PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) akan menggelontorkan dana Rp1,007 triliun untuk mengakuisisi PT Bank Royal Indonesia. / bca.co.id

PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) akan menggelontorkan dana Rp1,007 triliun untuk mengakuisisi PT Bank Royal Indonesia. Bank tersebut akan menjadi anak usaha BCA yang difokuskan untuk layanan perbankan di segmen tertentu.

Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, pihaknya sempat melirik Bank BUKU 1 lain yang berniat menjual sahamnya sebelum akhirnya memilih PT Bank Royal Indonesia untuk dikuasai seluruh sahamnya.

"Ada beberapa yang mau jual bank kecil BUKU 1. Tapi mereka mintanya bahkan 3kali, 4kali, 5kali dari nilai Buku BCA," kata Jahja di Jakarta, Kamis (25/4).

Jahja mengatakan, proses negosiasi dengan PT Bank Royal Indonesia cukup mudah karena pemiliknya merupakan nasabah BCA. "Kalau dikatakan mahal, coba kasih saya yang murah. Ada enggak yang mau jual?" ucapnya.

Dalam keterbukaan informasi yang ada di laman Bursa Efek Indonesia (BEI) disebutkan penandatanganan perjanjian jual beli saham bersyarat pada tanggal 16 April 2019 oleh perseroan dan anak perusahaan terkendali yakni PT BCA Finance.