BEI: Kapitalisasi pasar tembus Rp10 ribu triliun pada 2020

ada 4-5 perusahaan multinasional dengan kepemilikan asing telah berkonsultasi dengan otoritas bursa untuk listing di pasar modal. 

BEI targetkan kapitalisasi pasar Rp10.000 triliun/AntaraFoto

PT Bursa Efek Indonesia rajin berkomunikasi dengan perusahaan-perusahaan asing yang berpotensi melakukan penawaran saham perdana (initial public offering/IPO) di Tanah Air. Bahkan, BEI telah membentuk tim khusus untuk menangani perusahaan asing yang mau di IPO di Indonesia.

Direktur Utama BEI Tito Sulistio mengatakan saat ini ada 4-5 perusahaan multinasional dengan kepemilikan asing telah berkonsultasi dengan otoritas bursa untuk listing di pasar modal. 

"Perusahaan multinational corporation asing yang ditunggu Presiden sudah ada 4-5 yang datang ke bursa," kata dia di Gedung BEI, Kamis (15/3).

BEI belum dapat menyebut perusahaan-perusahaan asing yang berencana IPO di Indonesia. Tetapi yang jelas, semua perusahaan asing tersebut memiliki lebih dari 30% pendapatan yang berasal dari Indonesia, tetapi listing di luar negeri.

Jika perusahaan asing itu masuk ke lantai bursa, tentunya bisa meningkatkan kapitalisasi pasar atau market capitalization BEI . Kendati begitu, BEI juga tetap berupaya menggaet perusahaan lokal untuk go public.