BEI targetkan 35 perusahaan melantai di bursa

Target ini sama dengan yang dicanangkan tahun ini.

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menargetkan rata-rata nilai transaksi harian saham di tahun 2019 naik menjadi Rp9 triliun./Eka Setiyaningsih

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menargetkan rata-rata nilai transaksi harian saham di tahun 2019 naik menjadi Rp9 triliun dengan total jumlah hari bursa sebanyak 244 hari. Selain itu, BEI juga menargetkan 35 perusahaan yang akan melantai di bursa di 2019 atau sama dengan target 2018

"Target nilai transaksi ini didasarkan pada asumsi stabilitas ekonomi Indonesia di atas 5%, kemudian adanya proyeksi peningkatan jumlah partisipasi dan aktivitas transaksi investor di tahun depan," kata Direktur Utama BEI Inarno Djayadi dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), Kamis (25/10).

Target rata-rata nilai transaksi harian saham ini juga didasari dari beberapa kegiatan yang akan berjalan seperti implementasi percepatan siklus penyelesaian transaksi T+2 pada November mendatang.

Beberapa asumsi indikator makroekonomi 2019 menjadi acuan BEI seperti pertumbuhan ekonomi sebesar 5,2% hingga 5,4% dengan laju inflasi 3,5%.

Adapun prediksi suku bunga BI 7 day repo rate berada pada kisaran 5% hingga 5,5%, sementara rata-rata suku bunga deposito 5,5% hingga 6,5% dan rata-rata rupiah sebesar Rp 14.400 per dollar Amerika Serikat.