Berkah libur Lebaran di kantong-kantong pelesiran

Libur Lebaran 2023 menjadi momen kebangkitan sektor pariwisata pascapandemi tiga tahun lamanya.

Ilustrasi Alinea.id/Catharina.

Sandy memboyong keluarga besarnya berwisata ke Pantai Baron pada libur Lebaran tahun ini. Pantai yang terletak di Padukuhan Rejosari, Kelurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta ini menjadi pilihan destinasi wisata karena tak terlalu jauh dari rumahnya di Purworejo, Jawa Tengah.

“Di Purworejo juga sebenarnya ada Pantai Dewa Ruci, (Pantai) Ketawang, sama Pantai Jetis. Tapi kan udah terlalu sering ke sana. Makanya sekarang ke Gunungkidul, yang punya banyak pilihan pantai,” jelasnya, saat ditemui Alinea.id, di kawasan wisata Pantai Baron, Minggu (23/4) siang.

Agar puas berekreasi, dia dan keluarganya sudah sepakat untuk menyambung wisatanya dari Pantai Baron ke Pantai Indrayanti. Bagi mereka tak masalah harus menempuh perjalanan lagi kurang lebih satu jam untuk mencapai pantai yang berjarak sekitar 40 km dari Pantai Baron itu. Sebab, berdasar rencana di Pantai Indrayanti lah keluarganya akan menghabiskan waktu lebih lama untuk bermain sekaligus berburu sunset.

“Sambil makan juga. Istri saya baru dapat rekomendasi tempat makan seafood enak di (Pantai) Indrayanti,” imbuh wisatawan berusia 39 tahun itu.

Terlepas dari berbagai rencana yang telah disusunnya, berwisata saat libur Lebaran menurutnya merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kedekatan dengan keluarga besar. Bagaimana tidak, dengan tinggal di lokasi yang berbeda-beda, Idul Fitri menjadi momen saat keluarganya bisa berkumpul, meskipun terkadang tidak lengkap.