BI dan Kementerian Keuangan lanjutkan kesepakatan burden sharing

Penerbitan SBN akan dilaksanakan melalui skema private placement, yang akan mengurangi target lelang SBN.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers, Selasa (24/08/2021). Foto tangkapan layar.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Keuangan akan melanjutkan kesepatakatan burden sharing untuk penanganan pandemi Covid-19 melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) III. Di mana BI akan membeli lagi Surat Berharga Negara (SBN).

"Jumlah maksimum limitnya Rp58 triliun di 2021 dan Rp40 triliun pada 2022 sesuai kemampuan keuangan dan neraca BI," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers, Selasa (24/8).

Dia melanjutkan, sisa biaya bunga untuk pembiayaan penanganan kesehatan lainnya, serta penanganan kemanusiaan menjadi tanggungan pemerintah, dengan tingkat bunga acuan suku bunga reverse repo BI tenor tiga bulan di bawah tingkat suku bunga pasar.

Dalam hal ini, pemerintah tetap menanggung biaya keseluruhan penanganan kesehatan dan sosial, dengan tingkat suku bunga sebesar reverse repo BI sebesar tiga bulan. 

"Penerbitan SBN akan dilaksanakan melalui private placement, dengan demikian akan mengurangi target lelang SBN dari September sampai Desember," ujar dia.