BI dorong pembentukan holding dalam roadmap ekonomi pesantren

BI terus berupaya mengimplementasikan berbagai program penguatan peta jalan atau roadmap perekonomian pesantren 2017-2025.

Gubernur BI Perry Warjiyo. Foto Antara/dokumentasi

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan, pesantren memiliki potensi besar dalam menggerakkan roda perekonomian secara inklusif. Oleh karena itu, BI terus berupaya mengimplementasikan berbagai program penguatan peta jalan atau roadmap perekonomian pesantren 2017-2025.

Penguatan pertama yang dilakukan oleh BI adalah dengan melakukan pengembangan dan restrukturisasi model-model bisnis usaha syariah di lingkungan pesantren. Kedua, menetapkan standardisasi keuangan pesantren.

"Ketiga pengembangan platform digital, virtual market pesantren dan keempat pengembangan center excellent," katanya dalam video conference, Kamis (22/10).

Untuk mengoptimalkan potensi ekonomi di lingkungan pesantren, BI juga mendorong pembentukan holding ekonomi dan bisnis pesantren dari tingkat wilayah hingga nasional.

"Kelima, pembentukan holding ekonomi dan bisnis pesantren baik di tingkat nasional maupun di wilayah. Alhamdulillah holding ini telah kami bentuk," ujarnya.