BI: Indeks Keyakinan Konsumen meningkat di Februari 2021

Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Februari 2021 meningkat menjadi 85,8, dari 84,9 pada Januari 2021. 

Kantor Bank Indonesia. Shutterstock

Survei Konsumen Bank Indonesia pada Februari 2021, mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi membaik. Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Februari 2021 sebesar 85,8, sedikit meningkat dari 84,9 pada Januari 2021.

Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Erwin Haryono mengatakan, keyakinan konsumen terpantau menguat pada responden, dengan tingkat pengeluaran Rp1 juta hingga Rp3 juta per bulan. 

"Secara spasial, keyakinan konsumen membaik di tujuh kota yang disurvei, dengan kenaikan tertinggi di kota Surabaya, diikuti oleh Manado dan Makassar," kata Erwin, Senin (8/3).

Sementara dari sisi usia, kenaikan IKK terjadi pada kelompok usia 20 tahun hingga 30 tahun dan 41 tahun hingga 60 tahun. 

Keyakinan konsumen yang membaik pada Februari 2021 didorong oleh persepsi terhadap kondisi ekonomi saat ini (IKE), baik dari aspek ketersediaan lapangan kerja, penghasilan, maupun ketepatan waktu pembelian barang tahan lama. IKE Februari 2021 tercatat membaik menjadi sebesar 65,1, dari sebelumnya 63,0.