BI: Pertumbuhan ekonomi triwulan I-2018 dikisaran 5,1-5,2%

Hal itu berdasarkan volume produksi dari bidang industri dan konsumsi masyarakat yang terus meningkat.

Bank Indonesia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi pada triwulan I-2018 sebesar 5,11 % seiring dengan membaiknya kondisi ekonomi sejak awal tahun./AntaraFoto

Bank Indonesia memperkirakan perekonomian di triwulan I 2018 dikisaran 5,1 - 5,2%. Hal itu berdasarkan volume produksi dari bidang industri dan konsumsi masyarakat yang terus meningkat. Sementara pertumbuhan ekonomi tahun ini diyakini berada di kisaran 5,1 - 5,5%

Deputi Gubernur Dody Budi Waluyo menjelaskan, Survei Kegiatan Dunia Usaha yang diterbitkan Bank Indonesia pada beberapa waktu lalu, terlihat kalau ekspektasi keyakinan usaha terhadap kebutuhan utama terus tumbuh. 

"Ini menunjukkan gambaran untuk triwulan I-2018 ekonomi kita memang terus bergerak dengan kecepatan lebih baik daripada triwulan I-2017. Konsumsi sendiri mulai meningkat, meskipun terbatas. Daya beli tercermin dari pendapatan, khususnya nilai tukar petani yang meningkat," jelas Dody, Kamis (19/20) di Jakarta. 

Survei Survei Kegiatan Dunia Usaha juga menyebutkan investasi di awal 2018 terus meningkat, baik itu dari sektor bangunan maupun non-bangunan. 

Investasi bangunan meningkat sejalan dengan kemajuan proyek infrastruktur oleh pemerintah dan swasta. Selain itu, meningkatnya investasi non bangunan dipelopori sektor primer, khususnya pertambangan.