BI prediksi suku bunga The Fed hanya naik satu kali di 2019

Bank Indonesia (BI) memperkirakan bank sentral Amerika Serikat The Federal Reserve hanya akan menaikkan suku bunganya satu kali pada 2019.

Bank Indonesia (BI) memperkirakan bank sentral Amerika Serikat The Federal Reserve hanya akan menaikkan suku bunganya satu kali pada tahun ini.  (Antara Foto)

Bank Indonesia (BI) memperkirakan bank sentral Amerika Serikat The Federal Reserve hanya akan menaikkan suku bunganya satu kali pada tahun ini. 

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan, perkiraan itu sejalan dengan hasil Federal Open Market Committee (FOMC) yang akan disertai dot plot atau sebuah survei dari para anggota FOMC sebagai pengambil keputusan. 

Dot Plot kerap menjadi perkiraan secara De Facto dalam menentukan kebijakan moneter The Fed untuk tingkat suku bunga ke depan. Perry menilai, The Fed secara baik telah mengkomunikasikan arah kebijaknnya, sehingga bisa dipahami pasar.

"The Fed pada 2019, kemungkinan kenaikannya semula tiga kali dan sebelumnya turun dua kali. Bacaan kami terakhir, The Fed tahun ini kenaikannya hanya satu kali saja," kata Perry di kantornya, Kamis (21/2). 

Ke depan, pertumbuhan ekonomi dunia diperkirakan masih terus melambat disertai dengan berkurangnya ketidakpastian pasar keuangan global.