BI ramal penyaluran kredit perbankan di kuartal II-2021 tumbuh positif

Indikasi pertumbuhan penyaluran kredit baru terlihat dari nilai SBT permintaan kredit baru yang sebesar 53,9%.

Ilustrasi. Foto Pixabay.

Hasil Survei Perbankan yang dilakukan oleh Bank Indonesia (BI) pada Juni 2021 mengindikasikan penyaluran kredit baru pada kuartal II-2021 mengalami pertumbuhan positif. Hal tersebut tercermin dari nilai saldo bersih tertimbang (SBT) permintaan kredit baru sebesar 53,9%.

Berdasarkan jenis penggunaan, pertumbuhan kredit baru terindikasi terjadi pada seluruh jenis kredit, tertinggi pada kredit modal kerja dengan SBT 45%, diikuti oleh kredit konsumsi dan kredit investasi dengan SBT masing-masing sebesar 31,3% dan 13,3%.

Sementara itu, pada kuartal III-2021 penyaluran kredit baru diprakirakan meningkat, terlihat dari SBT prakiraan penyaluran kredit baru sebesar 87,1%, lebih tinggi dibandingkan 53,9% pada kuartal II-2021. 

"Peningkatan tersebut akan didorong oleh kredit modal kerja, diikuti oleh kredit konsumsi dan kredit investasi," kata Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono dalam keterangan resmi, Senin (19/7).

Adapun, standar penyaluran kredit pada kuartal III-2021 diprediksi tidak seketat periode sebelumnya. Hal itu terindikasi dari Indeks Lending Standard (ILS) sebesar 0,3%, lebih rendah dibandingkan dengan 1,2% pada kuartal sebelumnya.