Bill Gates mundur dari direksi Microsoft

Gates memutuskan untuk fokus mengurus organisasi amal dalam bidang kesehatan, pendidikan, dan perubahan iklim.

Bill Gates saat menghadiri pertemuan tahunan Forum Ekonomi Dunia (WEF) di Davos, Swiss, 22 Januari 2019. Reuters/Arnd Wiegmann.

Salah satu pendiri Microsoft Bill Gates mundur dari dewan direksi perusahaan, Jumat (13/3). Gates memutuskan untuk fokus mengurus organisasi amal dalam bidang kesehatan, pendidikan, dan perubahan iklim.

Gates yang kini telah berusia 64 tahun itu tak lagi terlibat di perusahaan sejak 27 Juni 2008. Dia memilih lebih banyak menghabiskan waktu untuk menggeluti pekerjaannya di yayasan yang diluncurkan bersama istrinya, Bill & Melinda Gates Foundation.

Dia menjabat sebagai ketua dewan direksi Microsoft hingga 4 Februari 2014, sebelum kemudian menjadi anggota direksi dan kini resmi melepaskannya. 

"Saya merasa sangat terhormat dan beruntung bisa bekerja dan belajar dari Bill selama bertahun-tahun," kata CEO Satya Nadella, dikutip dari Reuters.

Gates sebelumnya melepas posisi CEO perusahaan raksasa teknologi yang berbasis di Redmond, Washington, Amerika Serikat itu pada 2000. Saat itu, dia menyerahkan kendali perusahaan kepada Steve Ballmer untuk fokus ke yayasan amal.